- Bagaimana jika status terhenti pada LNSW-Penerimaan Dokumen terlalu lama?
- Terkait hal ini, telah dilakukan koordinasi dengan LNSW agar proses komunikasi dokumen lebih cepat. Dokumen yang mengalami kendala status terhenti lama pada LNSW-Penerimaan Dokumen dapat dilakukan kirim ulang oleh Seksi PDAD. Pengguna jasa juga dapat menghubungi pihak LNSW.
- Apa yang harus dilakukan jika terdapat cetakan PIB blank beberapa kolom seperti kolom jumlah barang tidak ada (null), dan SPPB sering blank?
- Terkait hal ini, beberapa langkah dapat dilakukan sebagai berikut:
- Refresh Browser
- Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
- Clear cache browser
- Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD untuk ditindaklanjuti.
- Bagaimana jika muncul respon reject salah CTEM (Cukai Tembakau) untuk importir yang pada barangnya terdapat pungutan cukai?
- Pengguna jasa dapat melakukan perubahan pada seri barang yang terkena reject CTEM kemudian simpan.
- Kenapa status aju PIB terhenti pada Penjaluran?
- Kendala ini bersifat kasuistik. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan dokumen tertahan pada status Penjaluran. Pengguna jasa dapat memastikan kondisi internet dalam keadaan baik.
- Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD
- Bagaimana jika status terhenti pada Verification Payment padahal sudah dilakukan pembayaran atau mendapat NTPN?
- Silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD agar ditindaklanjuti.
- Apa yang harus dilakukan jika pada saat mengakses Portal CEISA 4.0 pengguna jasa mengalami data hilang sementara, dan tidak bisa melakukan drafting serta kirim dokumen PIB
- Terkait kendala ini terjadi error koneksi, pengguna jasa dapat mencoba menggunakan sambungan jaringan/koneksi lainnya serta pastikan koneksi internet tersebut dalam kondisi stabil
- Atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
- Refresh Browser
- Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
- Clear cache browser
- Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD agar ditindaklanjuti.
- Kenapa terdapat respon Reject NPWP not found?
- Kendala ini bersifat kasuistik sehingga perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kesesuaian data yang diinput oleh pengguna jasa dengan data pada DJP.
- Perhatikan pada penginputan NPWP seharusnya tidak menggunakan tanda baca. Silahkan pengguna jasa melakukan perbaikan kemudian kirim ulang dokumen.
- Kenapa terdapat respon Reject Salah Nilai Pungutan?
- Terkait kendala ini telah dilakukan perbaikan oleh pusat. Apabila kendala ini terjadi kembali pengguna jasa dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:
- Pastikan kurs yang digunakan sudah sesuai
- Lakukan hitung ulang
- Untuk seri barang yang terkena reject silahkan lakukan edit/ubah pada detil barang. Kemudian tunggu sampai loading selesai dan data benar-benar sudah terisi pada kolomnya. Jika data sudah lengkap dan terisi semua klik simpan lalu send dokumen
- Gunakan modul lama PIB dengan patch terbaru (bisa didownload pada bit.ly/pib40) untuk draft dokumen PIB. Pastikan hanya terdapat satu file .exe di folder modul PIB (patch modul 6.4.0). Untuk file .exe patch modul sebelumnya harap dihapus terlebih dahulu
- Untuk proses transfer flt file: buka modul PIB 6.4.0. saat background masih abu-abu langsung klik menu Transfer > Transfer PIB ke Disket > kemudian muncul list aju PIB dan pilih aju PIB yang akan dikirim > pada pojok kiri ganti alamat penyimpanan > jangan lupa klik Format CEISA 4.0 pada bagian kanan bawah > transfer > akan tergenerate file DOK15PIB.flt
- Panduan transfer flt file dapat dilihat pada link berikut:
- http://gg.gg/transferflatfileceisa40
- Kenapa terdapat responReject AWB salah/sudah dipakai?
- Pengguna jasa agar menyesuaikan penulisan AWB pada dokumen PIB dengan data manifes pada portal pengguna jasa.
- Bagaimana jika ketika dokumen terkena Prenotifikasi, pengguna jasa tidak bisa klik menu prenotifikasi/tombol tidak berfungsi?
- Ketika terkena Prenotifikasi pengguna jasa dapat klik lambang segitiga berwarna biru pada list aju dokumen, kemudian isikan data yang bisa diisi dan klik kirim apabila pengisian sudah selesai.
- Jika tombol tidak berfungsi, pengguna jasa dapat mencoba beberapa langkah berikut:
- Refresh Browser
- Buka new Private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
- Clear cache browser
- Kenapa link aktivasi akun tidak berfungsi?
- Kendala ini bersifat kasuistik. Silahkan lapor kepada petugas Seksi PDAD untuk dilakukan kirim ulang link aktivasi. Kendala biasanya dialami oleh pengguna jasa yang melakukan pendaftaran menggunakan nomor identitas NIB dikarenakan saat ini sedang dilakukan validasi nomor NIB oleh system.
- Apa yang harus dilakukan jika terdapat kasus ketika mengakses Portal CEISA 4.0 muncul error bahasa pemrograman?
- Kendala ini bersifat kasuistik. Pengguna jasa dapat memastikan kondisi internet dalam keadaan baik. Jika kendala masih terjadi, disarankan untuk menghubungi Layanan Informasi atau PDAD.
- Bagaimana jika terdapat PIB yang telah mendapat respon payment verification namun billing tidak muncul/cetakan billing blank?
- Terkait hal ini telah dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh IKC.
- Untuk pengguna jasa pastikan kondisi internet stabil, atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
- Refresh Browser
- Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
- Clear cache browser
- Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Seksi PDAD
- Bagaimana jika terdapat beberapa kasus gagal simpan draft PIB, tab yang sudah berwarna hijau kembali berubah menjadi merah dan data hilang/gagal tersimpan?
- Apabila sebelumnya dibuka melalui single core system > dokumen pabean versi lama, silahkan buka melalui single core system > dokumen pabean dan begitu sebaliknya. Pastikan koneksi internet lancar.
- Bagaimana jika terdapat error data hilang setelah dilakukan hitung ulang?
- Untuk pengguna jasa pastikan kondisi internet stabil, atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
- Refresh Browser
- Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
- Clear cache browser
- Apabila sebelumnya dibuka melalui single core system > dokumen pabean versi lama, silahkan buka melalui single core system > dokumen pabean dan begitu sebaliknya
- Apa yang harus dilakukan jika nomor urut pada data barang tidak sesuai?
- Silahkan tambahkan satu seri barang kemudian hapus kembali seri barang tersebut.
- Bagaimana jika terdapat error data entitas gagal tersimpan?
- Silahkan edit data entitas pada single core system > dokumen pabean versi lama kemudian klik selanjutnya
- Jangan melakukan copy paste tulisan kecuali menggunakan fitur salin data yang memang tersedia pada sistem seperti fitur salin data importir
- Jika membuka single core system > dokumen pabean, pastikan semua tab berwarna hijau terlebih dahulu baru melakukan edit, dan jangan mengedit tab entitas kembali.