Previous Next

BEA CUKAI JUANDA SERAH TERIMAKAN KOMODITI HASIL PENINDAKAN

 
Serah Terima Barang Hasil Penindakan Terhadap Komoditi Ekspor Berupa Kalajengking
Sidoarjo – Senin (17/10/2022) Bea Cukai Juanda melakukan serah terima dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur atas barang hasil penindakan komoditi ekspor berupa Kalajengking. Sebanyak 6 box dengan total 150 Kg Kalajengking dengan kondisi mati dikeringkan (Lychas Mucronatus) tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen SATS-LN sehingga kewajiban kepabeanannya tidak terpenuhi.
Berawal dari informasi yang diperoleh, Bea Cukai Juanda selanjutnya melakukan pemeriksaan fisik barang bersama BKSDA kemudian dilakukan penindakan pada tanggal 14 Oktober 2022. Hal ini melanggar ketentuan Pasal 77 ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 17 Tahun 2006, Pasal 63 ayat 1 Keputusan Menteri Kehutanan No. SK 447 Tahun 2003 tentang Tata Usaha Pengambilan atau Penangkapan dan Peredaran Tumbuhan Satwa Liar, bahwasanya peredaran komersial luar negeri baik ekspor, impor, reekspor maupun introduksi dari laut wajib disertai dengan Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Liar Luar Negeri (SATS-LN).
Bersama, mari perkuat sinergi dan kewaspadaan terhadap upaya pelanggaran hukum guna ciptakan masyarakat sejahtera dan bebas dari tindak penyelundupan.