Previous Next

BC JUANDA BEKALI PENGETAHUAN KEPABEANAN TUK CALON PEKERJA MIGRAN

 
Orientasi Pra Pemberangkatan PMI
Sidoarjo (11/10/22), Bea Cukai Juanda hadir di tengah para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang hendak berangkat ke luar negeri. Kehadiran ini merupakan rangkaian Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) atas koordinasi dan kerjasama Bea Cukai Juanda dengan BP2MI Provinsi Jawa Timur. Bertempat di BP2MI Provinsi Jawa Timur, Bea Cukai Juanda memberikan sosialisasi mengenai beragam ketentuan kepabeanan kepada 39 orang calon PMI yang berasal dari beberapa wilayah. Mayoritas calon pekerja migran ini akan berangkat ke Malaysia, Taiwan dan Hongkong.
Mengawali sesinya, Chondro Yuwono, Pemeriksa Bea Cukai Pertama, berbagi informasi seputar kepabeanan. Chondro mengajak peserta untuk memahami ketentuan pembawaan barang saat berangkat ke keluar negeri atau biasa dikenal ekspor barang bawaan penumpang. Saat akan keluar negeri penumpang perlu melaporkan beberapa barang seperti perhiasan yang hendak diperdagangkan, barang yang akan dibawa kembali ke Indonesia, barang ekspor yang kena bea keluar, serta uang tunai dan/atau instrumen pembayaran lainnya yang mencapai 100 juta atau lebih dalam rupiah atau mata uang asing kepada petugas Bea Cukai di terminal keberangkatan internasional.
Selanjutnya Chondro membahas ketentuan impor barang bawaan penumpang sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor-203/PMK.04/2017, impor barang kiriman berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor-199/PMK.04/2019 serta pendaftaran IMEI sesuai Perdirjen Bea dan Cukai Nomor PER-13/BC/2021. Kegiatan berlangsung lancar dan penuh antusias para peserta.
Semoga melalui kegiatan OPP para calon Pekerja Migran Indonesia mendapatkan bekal pengetahuan dan pemahaman mengenai aturan kepabeanan sebagai pelaku perjalanan luar negeri sehingga mudah untuk melakukan customs clearance baik saat keberangkatan ke luar negeri maupun kepulangan di tanah air. Dengan demikian para PMI tidak kesusahan akan prosedur yang harus dilalui dan arus penumpang di bandara menjadi lancar.
Bea Juanda Ganas - Generasi Berintegritas
#beacukairi #beacukaijuanda #juandaganas #generasiberintegritas #kawanmigran