Previous Next

BC JUANDA GELAR PELATIHAN AUDIT INTERNAL SECARA MANDIRI Training Auditor ISO SMM & SMAP

 
Sidoarjo - Semangat reformasi birokrasi tak henti-hentinya membalut pegawai Bea Cukai Juanda menuju lompatan perubahan untuk mewujudkan Bea Cukai makin baik dari masa ke masa. Hari Rabu dan Kamis, 21 - 22 September 2022, Bea Cukai Juanda menggelar In House Training (IHT) ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dan ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Dikemas dengan tajuk sharing, seperti IHT sebelumnya, IHT kali ini tak lagi menghadirkan narasumber eksternal, beberapa pejabat ditugaskan untuk menjadi narasumber dalam acara yang digelar selama dua hari di aula kantor Bea Cukai Juanda.
Beberapa Pejabat yang ditugaskan untuk mengisi IHT sebagai narasumber diantaranya Bara Suliawantoro selaku Ketua Tim Audit Bea Cukai Juanda, Septian Aribowo dan Abdul Malik Zulkarnain dipercaya untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada 30 Peserta IHT yang berasal dari Pegawai KPPBC TMP Juanda dari berbagai seksi. "Saat ini kita tengah mewujudkan learning organization, oleh karenanya transfer knowledge secara terus-menerus akan selalu kita laksanakan demi mencapai kompetensi terbaik masing-masing pegawai", jelas Bara. Hal tersebut beriringan dengan program Kemenkeu One. Kemenkeu One telah mengamanahkan setiap satuan kerja dibawahnya untuk mempelajari segala tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada Kemenkeu.
Dalam kegiatan IHT peserta training diajak untuk memahami hal-hal terkait pelaksanaan audit. Mulai dari prinsip, karakter, siklus hingga pelaksanaan audit internal. Dihari kedua, narasumber membagikan pengalaman dan tips pelaksanaan audit, peserta diajak untuk melakukan role play menjadi auditor maupun auditee serta berdiskusi untuk membuat laporan audit. Pelaksanaan IHT selama dua hari tersebut dilaksanakan dengan baik dan lancar.
Melalui training audit internal diharapkan pegawai mendapatkan suntikan semangat perubahan menuju kantor berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sekaligus menjadi ruh setiap pegawai Bea Cukai Juanda untuk memberikan kontribusi positif terhadap institusi.