Previous Next

CERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA BERSAMA BC JUANDA

Donasi Buku BC Juanda Peduli
SIDOARJO - “Mencerdaskan kehidupan bangsa”, begitulah salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang termaktub dalam UUD 1945 alinea ke-4. Dalam rangka meningkatkan taraf literasi bangsa Indonesia diberbagai daerah, Bea Cukai Juanda melalui program Juanda Peduli rutin melaksanakan donasi buku kepada generasi bangsa yang perlu mendapatkan bantuan.
Dalam periode semester satu tahun 2022, Bea Cukai Juanda telah mendonasikan buku bacaan pendidikan ke beberapa daerah di pulau Jawa, salah satunya adalah ke Bimbingan Belajar (Bimbel) Dzakiya yang berlokasi di Cibiru, Bandung Jawa Barat.
Bimbel Dzakiya adalah lembaga pendidikan swadaya yang didirikan pada Januari 2021 silam oleh seorang ibu rumah tangga yang dibantu seorang putri dan rekannya yang berprofesi sebagai pengajar. Hal ini bermula dari kondisi pandemi yang menyulitkan anak-anak dilingkungannya untuk belajar. Waktu berlalu, pembelajaran yang semula dilakukan di teras rumah kontrakan sang pendiri Bimbel, Fitri Handayani, kini ia telah menyewa tempt baru dan menampung 63 peserta didik.
Kegiatan donasi buku yang dilakukan Bea Cukai Juanda bertujuan meningkatkan minat membaca untuk menambah wawasan sekaligus mempengaruhi mental dan perilaku masyarakat. Pada gilirannya, kegemaran membaca ini akan membentuk budaya literasi yang berperan penting dalam menciptakan bangsa yang cerdas dan berkualitas. Tak hanya itu, dari sisi pegawai kegiatan ini pun mampu meningkatkan jiwa sosial kepada sesama.