Previous Next

OPTIMALKAN PENERIMAAN NEGARA, BC JUANDA LELANG BDN dan BMN HASIL TEGAHAN IMPOR

 
 
Sinergi BC Juanda dengan KPKNL dan BLA ��Sidoarjo – Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi Community Protector dan Revenue Collector, Rabu-Jumat, 31 Agustus - 2 September 2022 Bea Cukai Juanda menggelar serangkaian kegiatan lelang atas Barang yang Menjadi Milik Negara (BMN) dan Barang yang Dikuasai Negara (BDN). Bekerjasama dengan Balai Lelang Artha (BLA) selaku penyelenggara jasa pra lelang dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo selaku penyelenggara Lelang, kegiatan sukses digelar dengan lancar.
Lelang merupakan salah satu rangkaian prosedur penyelesaian atas barang tegahan yang telah barstatus BDN maupun BMN. Kegiatan ini diwali dengan gelaran Open House / Aanwijzing pada dua hari pertama. Open house atas BMN dilakukan di PT Balai Lelang Artha, Pergudangan Meiko Abadi III Blok B.57, Jl Raya Sedati-Sidoarjo sementara untuk BDN berlokasi di Kantor Bea Cukai Juanda. BMN dilelang dalam satu lot barang yang terdiri dari pakaian, sepatu, part kendaraan, LED TV, mainan, ,screw, nut, produk dari besi lainya dan lain-lain dengan jumlah ± 110 Item. Sama halnya dengan BMN, BDN dilelang dalam satu paket yang berupa Gemstone “Emerald, Berlian, dan Berlian Hitam” sejumlah ± 24 Bungkus. Barang-barang ini merupakan barang hasil tegahan dari impor barang bawaan penumpang dan impor kargo. Open house dilakukan guna memberikan transparansi dan kejelasan informasi bagi para peserta lelang.
Prosesi lelang dilaksanakan pada hari Jumat, (2/9/2022) menggunakan sistem e-auction melalui website www.lelang.go.id dengan mekanisme penawaran lelang tertutup (close-bidding). Batas Waktu Penawaran Lelang Pukul 09.00 WIB dan pukul 09.30 WIB (waktu server), pemenang ditetapkan oleh Pejabat Lelang dihadapan Bea Cukai Juanda selaku Penjual dan para saksi setelah batas akhir penawaran di hari yang sama.
Pelaksanaan lelang ini merupakan wujud keseriusan Bea cukai Juanda dalam mengemban tugas negara sekaligus memberikan kejelasan prosedur penyelesaian atas BTD, BDN maupun BMN kepada masyarakat. Disamping itu Bea Cukai Juanda bersama KPKNL Sidoarjo berkomitmen untuk membangun Zona Integritas di lingkungan Kementerian Keuangan.