KOMUNITAS BANDARA JUANDA SIAP SUKSESKAN KTT G20

 
Sidoarjo - Rabu, 31 Augustus 2022 Bea Cukai Juanda menghadiri undangan PT Angkasa Pura I dalam acara Airport Security Committee (ASC) Meeting. Memasuki meeting yang ketiga di tahun 2022, pertemuan yang dihadiri jajaran pimpinan komunitas Bandara Juanda ini digelar di Gedung AOB PT Angkasa Pura I dengan mengangkat tema Kesiapan Bandara Internasional Juanda - Surabaya *sebagai bandara penyangga* dalam rangka KTT G20 Indonesia 2022.
Sebagai anggota komunitas Bandara, Bea Cukai Juanda turut bersinergi dalam berbagai rangkaian program pemerintah, mulai dikancah regional hingga internasional seperti Presidensi G20. Sebagaimana ditetapkan pada Riyadh Summit 2020, Indonesia memegang presidensi G20 pada tahun 2022.
G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.
Dalam rangka mensukseskan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 Bea Cukai Juanda bersama Komunitas Bandara Juanda membahas beragam persiapan yang perlu dikalukan guna menyongsong Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)/Summit G20 seperti keamanan penerbangan, layanan kebandarudaraan dan keprotokoleran. Hal tersebut dilakukan sejalan dengan semangat tema G20 yakni “Recover Together, Recover Stronger”. KTT merupakan klimaks dari proses pertemuan G20, yaitu rapat tingkat kepala negara/pemerintahan usai pertemuan-pertemuan di tingkat menteri, deputi dan kelompok kerja selesai diselenggarakan. KTT diagendakan akan digelar pada * 15-16 Nopember 2022* di Nusa Dua Bali.
Momentum presidensi hanya terjadi satu kali setiap generasi (sekitar 20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional. Oleh karenanya Bea Cukai bersama jajaran komunitas Bandara Juanda berkomitmen untuk turut serta mensukseskan seluruh rangkaian Program Presidensi G20 Indonesia 2022 demi mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.