BC JUANDA ASISTENSI PERUSAHAAN AEO Customer goes to Customs

 
Sidoarjo - Jumat, 26 Agustus 2022 Bea Cukai Juanda menerima kunjungan perusahaan penerima fasilitas MITA AEO yakni PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Bertempat di WARKOP BC Juanda, Kedatangan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk disambut oleh Kepala Seksi PKC IV, Kupang Muhamad Luqman selaku Client Manager (CM) bersama staf yang menangani Perusahaan AEO.
Untuk memastikan fasilitas berjalan sesuai dengan ketentuan, Bea Cukai secara berkala melakukan monitoring, penelitian lapangan, dan asistensi terhadap perusahaan penerima fasilitas. Pada kesempatan ini Manager AEO PT Tjiwi Kimia, Adi Setiyawan bersama Sugeng selaku Manager Expor Impor berkunjung ke Kantor Bea Cukai Juanda dalam rangka menyerahkan Laporan Audit Internal dan Laporan Tindak Lanjut Perbaikan atas Keterlambatan Pembatalan PEB sekaligus menjalin komunikasi bersama CM AEO.
Melalui kunjungan ini Bea Cukai Juanda memberikan asistensi dalam bentuk pembahasan internal menganai ketentuan kepabeanan dan keamanan barang. Diharapkan upaya ini dapat menjaga kualitas pelayanan kepada perusahaan, serta menjaga konsistensi perusahaan untuk tertib dan patuh terhadap ketentuan yang berlaku. Selain itu juga dilakukan tindaklanjut atas perpanjangan sertifikasi AEO 5 tahunan yang diajukan perusahaan.
Menjalankan fungsinya sebagai industrial assistance dan trade facilitator, Bea Cukai Juanda terus berupaya memberikan berbagai kemudahan melalui fasilitas fiskal dan prosedural dibidang ekspor maupun impor. Pemberian sertifikat AEO oleh DJBC kepada para operator ekonomi merupakan langkah untuk menyederhanakan prosedur kepabeanan. Perusahaan yang tersertifikasi AEO berhak mendapatkan berbagai manfaat seperti kemudahan pemberitahuan pendahuluan (pre-notification), dapat menggunakan jaminan perusahaan untuk menjamin seluruh kegiatan di bidang kepabeanan, hingga diprioritaskan untuk mendapatkan penyederhanaan prosedur kepabeanan.
Usai asistensi dan diskusi, kegiatan diakhiri dengan foto bersama. Semoga kunjungan ini mampu meningkatkan kualitas komunikasi dan layanan terhadap perusahaan penerima fasilitas AEO sekaligus mempererat kerjasama antara Bea Cukai Juanda dengan perusahaan.