PENGAWASAN & ASISTENSI EKSPOR MULTIMODA OLEH BC JUANDA

 
Dorong Ekspor Produk Dalam Negeri
Sidoarjo - Kelancaran transportasi logistik adalah salah satu aspek penting yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Sabtu, 6 Agustus 2022 Bea Cukai Juanda melakukan pengawasan kegiatan pemuatan angkut lanjut kargo multimoda asal Surabaya tujuan Denpasar. Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan Bea Cukai Juanda untuk melakukan asistensi kegiatan ekspor atas berbagai komoditas lokal. Pemuatan barang angkut lanjut dilakukan di Gudang PT. JAS Terminal Kargo Bandara Juanda.
Bea Cukai Juanda berkomitmen untuk senantiasa melaksanakan tugas industrial assistance dan trade facilitator melalui kerjasama dengan para stakeholders. Asistensi dan dukungan gencar dilakukan terhadap para pelaku usaha hingga berhasil melaksanakan ekspor komoditas unggulannya. Kali ini terdapat tiga perusahaan yang melakukan ekspor dengan dua Jenis komoditas, yakni pakaian dan sepatu. Perusahaan pertama yakni PT Eratex Djaja dengan produk celana panjang yang mencapai tonase seberat 1.104 Kg. Dua perusahaan selanjutnya adalah PT Ecco Indonesia dan PT Karyamitra Budisentosa dengan komoditi sepatu wanita berbahan kulit. Ekspor sepatu ini mencapai total tonase lebh dari 11 ton, dengan masing-masing perusahaan sebesar 646 kg dan 10.447 kg.
Dalam rangka melaksanakan tugas Bea Cukai Juanda melakukan pengawasan atas kegiatan pemuatan komoditas ekspor ke dalam sarana pengangkut berupa truk serta pengawasan atas pelekatan segel pengamanan. Usai dilakukan pelekatan segel, Bea Cukai Juanda menerbitkan berita acara pemuatan dengan nomor BAP-139/KBC.110302/2022 tanggal 06 Agustus 2022. Layanan ekspor transportasi multimoda ini merupakan upaya Bea Cukai untuk memudahkan para eksportir melaksanakan ekspor sehingga mendorong tumbuhnya angka ekspor Indonesia.
Semoga kehadiran Bea Cukai Juanda dengan layanan angkut lanjut multimoda dalam pelayanan dan pengawasan ekspor di lingkungan Bandara Internasional Juanda mampu memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha khususnya dibidang ekspor demi meningkatkan daya saing produk lokal di kancah global hingga meningkatkan perekonomian negara.