Majapahit Travel Fair 2014

Majapahit Travel Fair 2014

Dalam rangka memperingati dan meningkatkan promosi budaya dan pariwisata Jawa Timur khususnya serta Indonesia pada umumnya, KPPBC TMP Juanda diundang mengikuti Majapahit Travel Fair 2014 ke-15 yang diselenggarakan pada tanggal 08 - 11 Mei 2014 bertempat di Grand City Convex Surabaya. Majapahit Travel Fair 2014 bertemakan “Sport and Recreation”.

 KPPBC TMP Juanda membuka stand di acara tersebut yang berlangsung selama empat hari dengan memilih tema “Barang Bawaan Penumpang dan Barang Kiriman”. Acara ini diikuti oleh KPPBC TMP Juanda dengan maksud agar masyarakat memahami dan mengetahui ketentuan terkait di bidang kepabeanan, khususnya barang bawaan penumpang dan barang kiriman sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 188/PMK.04/2010 tentang Impor Barang Yang Dibawa Oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, Dan Barang Kiriman dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor Barang Pindahan.

   Selain itu, Majapahit Travel Fair 2014 juga menjadikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, khususnya KPPBC TMP Juanda lebih dikenal oleh masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam apa tugas bea dan cukai dan tupoksi yang dijalaninya sebagai salah satu instansi yang tugas dan tanggung jawabnya terkait dengan penerimaan Negara dan peredaran masuk keluarnya barang dari daerah pabean.

Sabtu, 10 Mei 2014, KPPBC TMP Juanda menyelenggarakan talkshow dalam acara Majapahit Travel Fair 2014 tersebut dengan narasumber Kepala KPPBC TMP Juanda, Iwan Hermawan; dan Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai V, Emridelamson Lingga.

   Talkshow tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan masyarakat, baik tentang barang bawaan penumpang, barang kiriman, ataupun hal lain yang terkait dengan bea dan cukai. Selain itu, untuk menghibur masyarakat yang menghadiri acara tersebut, KPPBC TMP Juanda juga mendemonstrasikan pertunjukan Anjing Pelacak Narkotika (APN) K9 sebagai salah satu asset yang dimiliki oleh bea dan cukai untuk mencegah upaya penyelundupan narkotika.

Acara ditutup oleh Dinas Budaya dan Pariwisata setempat pada Minggu, 11 Mei 2014 pukul 19.00 WIB.