DATA PENGADUAN DI KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA

 

NO TANGGAL SALURAN PENGADUAN KATEGORI ADUAN TEMA URAIAN PENGADUAN TINDAK LANJUT PENGADUAN PROGRESS WAKTU SELESAI
1 15 Januari 2019 EMAIL Operasional Barang Kiriman Komplain atas penetapan harga barang kiriman sehingga membuat pajak impor naik Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-13 tanggal 15/1/2019 dan telah dijawab melalui email kepada yang bersangkutan pada tanggal 22/1/2019 Selesai sesuai janji layanan 7 Hari Kerja
2 28 Januari 2019 SIPUMA Operasional Pelayanan Keluhan atas saluran telepon BC Juanda yang sudah dihubungi Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-24 tanggal 28/1/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-1901005585 tanggal 29/1/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 2 Hari Kerja
3 18 Maret 2019 SIPUMA Operasional Barang Kiriman Permintaan penjelasan atas pengenaan pajak barang kiriman senilai $75 Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-52 tanggal 18/3/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-1903005694 tanggal 28/3/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 10 Hari Kerja
4 07 Mei 2019 SIPUMA Operasional Barang Kiriman Permintaan penjelasan atas barang kiriman yang informasinya di tahan pihak Bea Cukai Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-88 tanggal 7/5/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-1905005764 tanggal 15/5/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 8 Hari Kerja
5 27 Mei 2019 SIPUMA Operasional Barang Kiriman Permintaan penjelasan atas status barang kiriman pada website tracking bea cukai Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian serta hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-1905005798 tanggal 27/5/2019 dan telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 1 Hari Kerja
6 10 Juli 2019 EMAIL Operasional Barang Kiriman Permintaan penjelasan atas barang kiriman melalui DHL yang tidak segera selesai Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait barang kiriman dimaksud. Atas barang tersebut seharusnya dimasukkan dalam kategori Personal Effect karena sesuai dengan dokumen dan bukti yang dilampirkan, terhadap barang kiriman dimaksud dilakukan proses pengeluaran barang sesuai dengan prosedur importasi barang kiriman yang berlaku. Hasil tersebut telah disampaikan kepada email ybs, dan mendapat respon bahwa ybs telah menerima barang yang dimaksud. Selesai sesuai janji layanan 1 Hari Kerja
7 24 Juli 2019 SIPUMA Operasional  Pelanggaran Kode Etik  Laporan atas perilaku pegawai yang tidak sepatutnya Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian, melakukan permintaan keterangan kepada pegawai yang bersangkutan melalui Surat Panggilan Nomor SP-1 tanggal 26/07/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC09-1907005873 tanggal 29/07/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA
 
 Selesai sesuai janji layanan  3 Hari Kerja
 8  15 Agustus 2019  EMAIL  Operasional  Barang Kiriman  Permintaan penjelasan atas barang kiriman melalui Pos Indonesia yang tidak segera selesai  Telah dilakukan tindak lanjut dan disampaikan kepada email ybs meskipun tidak mendapat balasan, bahwa atas nomor resi RP445584197SG belum masuk pada sistem di Bea dan Cukai Juanda. Disampaikan bahwa pengecekan/tracking dapat dilakukan mendiri pada aplikasi mobile Beacukai yang bisa didownload di Playstore, dan memasukkan nomor resi pada track AWB.  Selesai sesuai janji layanan  1 Hari Kerja
 18 Agustus 2019  EMAIL  Operasional  Barang Kiriman  Permintaan penjelasan atas barang kiriman melalui Pos Indonesia yang tidak segera selesai Telah dilakukan tindak lanjut dan disampaikan kepada email ybs meskipun tidak mendapat balasan, bahwa atas nomor resi RP445584197SG dalam proses permintaan dokumen oleh pejabat Bea Cukai, agar melampirkan : bukti pembelian / bukti nilai barang /bukti pembayaran serta NPWP jika ada, data tersebut agar dikirimkan ke alamat email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. alamat kantor : Hanggar Bea dan Cukai di Kantor Pos Kediri Jl. Mayjend Sungkono No 32 Kediri, Jawa Timur.  Selesai sesuai janji layanan  2 Hari Kerja
10   06 September 2019  SIPUMA  Operasional  Ekspor  Laporan atas dugaan pungli dalam proses ekspor Kratom Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Rahasia Nomor NDR-04 tanggal 10/09/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC02-1909005924 tanggal 20/09/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  14 Hari Kerja
 11  01 November 2019  SIPUMA  Operasional  Barang Kiriman  Permohonan penjelasan atas barang tertahan di proses kepabeanan Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-1911006029 tanggal 13/11/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  12 Hari Kerja
12 09 Desember 2019 SIPUMA Non Operasional Barang Bawaan Penumpang Pengaduan atas dugaan permainan petugas dengan penumpang tertentu Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian, melakukan permintaan keterangan kepada pegawai yang bersangkutan oleh Tim Kepatuhan Internal sesuai ST-859 tanggal 9/12/2019. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC02-1912006127 tanggal 18/12/2019 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 9 Hari Kerja
13 10 Februari 2020 SIPUMA Non Operasional Barang Bawaan Penumpang Aduan atas barang bawaan penumpang Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-18 dan ND-19 tanggal 11/02/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC 09-2001006239 tanggal 17/02/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 7 Hari Kerja
14 21 April 2020 SIPUMA Operasional Ekspor Permintaan keterangan atas kendala dalam proses ekspor masker Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-63 tanggal 21/04/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2004006434 tanggal 29/04/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 8 Hari Kerja
15 06 Mei 2020 SIPUMA Operasional Barang Kiriman Permintaan Informasi , barang kiriman belum diterima Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-74 tanggal 08/06/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2006006600 tanggal 11/6/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 6 Hari Kerja
16 24 Juni 2020 SIPUMA Operasional Barang Kiriman Komplain atas pengenaan pajak impor Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-94 tanggal 08/07/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2006006663 tanggal 10/07/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA Selesai sesuai janji layanan 16 Hari Kerja
 17 19 Juli 2020 SIPUMA Operasional  Barang Kiriman  Komplain atas pengenaan pajak impor Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-116 tanggal 20/07/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2007006740 tanggal 29/07/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  8 Hari Kerja
 18  18 Agustus 2020  SIPUMA  Operasional  Barang Kiriman  Permintaan penjelasan atas pengenaan pajak impor atas barang kiriman berupa barang elektronik Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-135 tanggal 19/08/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2008006837 tanggal 28/08/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  8 Hari Kerja
19   18 Agustus 2020 SIPUMA  Non Operasional  Barang Kiriman  Komplain atas Jumlah barang yang diterima tidak sesuai Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-136 tanggal 19/08/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2008006834 tanggal 28/08/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  8 Hari Kerja
 20  21 September 2020  SIPUMA  Operasional  Barang Kiriman  Permintaan penjelasan atas pengenaan pajak impor atas barang kiriman berupa baju Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-151 tanggal 22/09/2020. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2009006932 tanggal 25/09/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  5 Hari Kerja
 21  30 September 2020  WA Pengaduan  Non Operasional  Barang Kiriman  Komplain atas Jumlah barang yang diterima tidak sesuai Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-160 tanggal 1/10/2020 dan telah dijawab melalui WA Nomor Pengaduan kpd ybs dan dinyatakan selesai pada tanggal 12/10/2020  Selesai sesuai janji layanan  9 Hari Kerja
 22  05 April 2021  EMAIL  Non Operasional  Pelayanan  Aduan atas layanan yang tidak ramah dan tidak profesional Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian, melakukan permintaan keterangan kepada pegawai pada unit layanan terkait melalui Surat Panggilan Nomor 3, 5, 6, dan 7 tanggal 5/5/2021. Berdasarkan penelitian awal, dilakukan konfirmasi lebih lanjut utk meminta tambahan informasi kepada pengadu melalui email, namun hingga batas waktu yang ditentukan tidak ada respon dari pengadu. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah dikirimkan kepada pengadu via email meskipun tetap tidak ada respon balasan melalui ND nomor ND-116/WBC.11/KPP.MP.0315/2021 tanggal 20/05/2021.  Selesai sesuai janji layanan  10 Hari Kerja
 23  09 Maret 2021  EMAIL  Operasional  Pembayaran BM dan Pajak  Pengaduan atas dugaan penyelewengan pajak oleh oknum importir tertentu Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas pengawasan serta dilakukan analisa data impor oleh tim Seksi KI. Permintaan keterangan lebih lanjut dilakukan dengan mengirimkan email kepada pengadu, namun tidak ada respon hingga waktu yang telah ditentukan. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah dikirimkan kepada pengadu via email meskipun tetap tidak ada respon balasan melalui ND nomor ND-203/WBC.11/KPP.MP.0315/2021 tanggal 06/09/2021.  Selesai sesuai janji layanan  2 Hari Kerja
 24  15 September 2021  Helpdesk  Operasional  Barang Kiriman  Barang kiriman berupa vitamin yang memerlukan ijin BPOM Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-241 tanggal 15/09/2021. Hasil tindak lanjut dikirimkan kepada pengadu ybs dengan ND Nomor ND-220/WBC.11/KPP.MP.0315/2021. Selain ini, dilakukan penelitian mendalam, termasuk mengirimkan Surat kepada BPOM nomor S-1083/WBC. 11/KPP.MP.03/2021 tanggal 21 September 2021, dan surat balasan dari BPOM nomor B-HM.03.1.15A. 15A4.09.21.2759 tanggal 24 September 2021Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2009006932 tanggal 25/09/2020 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  5 Hari Kerja
 25  02 November 2021  EMAIL  Operasional  Ekspor  Laporan atas dugaan pemalsuan dokumen ekspor Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-49 dan ND-50 tanggal 11/02/2021. Hasil tindak lanjut dikirimkan kepada email pengadu ybs dengan ND-52/KBC.110315/2022, dimana Telah disampaikan bahwa pada tanggal pada tanggal 11 Februari 2022 tidak ada eksportasi ada PT. ADITAMA SENTOSA INDONESIA.  Selesai sesuai janji layanan  2 Hari Kerja
 26  03 Juli 2022  SIPUMA  Operasional  Impor  Permintaan informasi atas hambatan dalam pengajuan PIB Nomor Aju - 00002002206920210010121118 Nopen 011329 tanggal 08-10-2021 Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-86 tanggal 08/03/2022. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2203007640 tanggal 09/03/2022 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  3 Hari Kerja
 27  11 Mei 2022  EMAIL  Operasional  Pelayanan  Laporan atas dugaan oknum BC yang menerima suap dari pihak eksternal Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan dan pengawasan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-163 tanggal 18/05/2022. Telah disampaikan bahwa tidak ditemukan bukti adanya oknum pegawai BC Juanda yang menerima suap dari pihak eksternal terkait persyaratan importasi barang kesehatan yg terkena lartas melalui ND-164/KBC.1103/2022 tanggal 18/05/2022  Selesai sesuai janji layanan  5 Hari Kerja
 28  11 Juli 2022  SIPUMA  Operasional  Barang Kiriman  Barang Kiriman dikenakan pajak tidak seperti biasanya dan tidak mendapatkan penjelasan yang memadai dari pihak PJT selaku kuasa barang. Telah dilakukan tindak lanjut dan penelitian kepada unit pelaksana tugas layanan terkait melalui Nota Dinas Nomor ND-229 tanggal 11/07/2022. Hasil penelitian dan tindak lanjut telah diupload dan dikirim melalui aplikasi SIPUMA nomor BC01-2203007640 tanggal 15/07/2022 serta telah dinyatakan selesai oleh Admin SIPUMA  Selesai sesuai janji layanan  5 Hari Kerja

 

Janji Layanan Penanganan Pengaduan Masyarakat

Tahun 2019  :   18 Hari Kerja

Tahun 2020  :   15 Hari Kerja

Tahun 2021 s.d. sekarang:

            - 13 Hari Kerja untuk Pengaduan Non Operasional

            - 5 Hari Kerja untuk PengaduanOperasional Memerlukan Konfirmasi Unit Terkait

            - 2 Hari Kerja untuk Pengaduan Operasional Tidak Memerlukan Konfirmasi Unit Terkait