PEMBEKALAN PENGETAHUAN KETENTUAN KEPABEANAN KEPADA PEKERJA MIGRAN INDONESIA
Surabaya – Selasa,31 Mei 2022, Bea Cukai Juanda kembali hadir memberikan sosialisasi bertajuk Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) kepada para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kegiatan ini ditujukan untuk membekali calon PMI yang hendak berangkat bekerja ke manca negara. Kegiatan dilaksanakan secara luring di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, Chondro Yuwono dan Pelaksana Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Rivan Rinaldi menjadi narasumber pada kegiatan ini. OPP merupakan rangkaian program Kawan Migran, sinergi Bea Cukai Juanda bersama BP2MI Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan informasi seputar ketentuan barang kiriman. Chondro Yuwono, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 199/PMK.010/2019 tentang ketentuan kepabeanan, cukai, dan pajak atas impor barang kiriman terdapat kewajiban perpajakan atas barang impor yang dikirim dari luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri. Barang Keriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 3 diberikan pembebasan bea masuk dan dipungut PPN. Sementara barang dengan nilai lebih dari USD 3 hingga USD 1.500 akan dikenai bea masuk sebesar 7,5%, dan PPN 11%. Ketentuan ini juga mengatur pengenaan pajak dengan tarif tertentu atas barang khusus, diantaranya adalah sepatu, tas, tekstil dan buku. Selain itu disampaikan ketentuan barang pindahan bagi PMI yang telah selesai kontrak kerjanya dan hendak kembali ke dalam negeri. Semoga materi ini dapat membantu para PMI saat hendak mengirimkan barang dari luar negeri kepada Saudara di Indonesia. Tak ketinggalan, tatacara pendaftaran IMEI turut disampaikan oleh Rivan Rinaldi. Perangkat berupa handphone, komputer genggam dan tablet (HKT) yang membutuhkan SIM card untuk memperoleh jaringan/sinyal perlu didaftarkan IMEI nya saat tiba di bandara. Pendaftaran IMEI akan dilayani petugas Bea Cukai di bandara tanpa pungutan biaya dan mendapatkan pembebasan nilai pabean sesuai ketentuan barang bawaan pribadi penumpang. Pendaftaran IMEI dibatasi sebanyak dua perangkat per penumpang setiap kedatangan
Previous Next
Upaya Melindungi Masyarakat dari Peredaran Narkoba Momentum lebaran hari raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan setiap orang sebagai saat yang tepat untuk pulang ke kampung halaman bertemu dengan orang tua dan keluarga. Hal tersebut menimbulkan adanya perpindahan orang secara masif menyebabkan arus mudik lebaran yang menggunakan berbagai jenis moda transportasi. Salah satunya moda transportasi udara yaitu pesawat terbang yang menjadi pilihan bagi Tenaga Kerja Indonesia untuk pulang ke tanah air. Sidoarjo, (28/4) Seratus delapan puluh orang penumpang Scoot Tiger Air dengan nomor penerbangan TR262 mendarat di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda pukul 09.46 WIB. Setelah proses imigrasi selesai, selanjutnya penumpang akan melalui Customs Area. Adapun beberapa kegiatan di dalam Customs Area diantaranya menjalani pemeriksaan barang bawaan penumpang melalui mesin X-Ray, pendaftaran IMEI, pembayaran pajak, dan pemeriksaan badan. Dalam rangka pengawasan penyelundupan barang larangan berupa narkotika, psikotropika, dan prekursor, maka unit anjing pelacak atau K-9 Bea Cukai dikerahkan. Unit ini merupakan unit khusus Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang mendapat treatment dan pelatihan khusus untuk mengoperasikan anjing pelacak narkoba. Pemeriksaan barang bawaan penumpang menggunakan anjing pelacak dilaksanakan setelah barang dimasukan ke mesin x-ray bagasi sebelum menuju antrean pada conveyor belt dan diambil oleh penumpang. Melindungi masyarakat dari penyelundupan narkoba merupakan salah satu fungsi Bea Cukai yaitu Community Protector Salah satu upayanya yaitu dengan mengerahkan unit anjing pelacak / K-9. Mari bersama berantas narkoba dari Tanah Air, karena narkoba merusak masa depan dan kehidupan anda!

Previous Next
Upaya Mewujudkan Kelestarian Keanekaragaman Hayati Sidoarjo, (25/4) Pelaksanaan Sapa Pagi yang rutin diselenggarakan tiap hari senin dilanjutkan dengan kegiatan Sharing Knowledge dengan tema Pengamanan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL). Kegiatan Berbagi Pengetahuan disampaikan melalui media Zoom Teleconference dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai Juanda baik yang sedang menjalani WFO maupun WFH dirumah. Taupan Andreanus Rori Saputra, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, ditemani Fauzha Widiantoro, Pelaksana Pemeriksa pada Seksi Penindakan dan Penyidikan menyampaikan materi secara singkat dan menyeluruh. Materi meliputi konservasi keanekaragaman hayati sebagai upaya perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan keanekagaraman hayati pada tingkat ekosistem jenis dan genetik. Terdapat beberapa macam aturan dan regulasi terkait perlindungan satwa serta kriteria jenis satwa yang dilindungi. Berikutnya ketentuan pengawetan TSL pada konservasi in-situ dan ex-situ. Terakhir pembahasan mengenai regulasi umum tentang pengamanan TSL. Mari dukung konservasi keanekaragaman hayati dalam rangka upaya menjaga dan mewujudkan kelestarian keanekaragaman hayati sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia.

Subkategori

 

                              KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC JAWA TIMUR I

KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA

 

PENGUMUMAN EKSEKUSI LELANG

Nomor : PENG-01/WBC.11/KPP.MP.03/2018

 

            KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA dengan perantaraan Kantor Pelayananan Kekayaan Negara dan Lelang Surabaya akan melaksanakan penjualan secara lelang atas Barang Sitaan Pajak Bea Masuk atas nama Wajib Pajak PT. INDUSTRI KUDA PLASTIK berupa :

 

No

Nama Barang

Spesifikasi

Harga Limit (Rp.)

Uang Jaminan (Rp)

1.

 

 

 

1 (SATU) PAKET MESIN-MESIN

 

  1. 1.Automatic Bag Cutter merk/tipe Taiyo 1 (satu) unit
  2. 2.Automatic Bag Cutter merk/tipe Asia Pretendo Graha / F2R 650 2 (dua) unit
  3. 3.Mesin Press merk/tipe Sama Plastic Machinery (malaysia) 1 (satu) unit
  4. 4.Mesin Mixer tanpa merk (lokal) 1 (satu) unit
  5. 5.Mesin Blower merk/tipe Ch Chang Machinery Enterprise (taiwan) 5 (lima) unit
  6. 6.Mesin Printing merk/tipe EC Motor / S601 (San Chih Elektronic & Machinery Taiwan) 1 (satu) unit
  7. 7.Mesin Potong tanpa merk (lokal) 1 (satu) unit

 

50.023.000,-

 

 

25.000.000,-

 

 

 

Syarat-syarat lelang :

  1. 1.Cara Penawaran

Lelang dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui Aplikasi Lelang E-Auction secara Clossed Bidding, dibuka dengan browser pada alamat domain www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id

Tatacara mengikuti lelang dapat dilihat pada menu “Prosedur Lelang” dan “Syarat Ketentuan” pada domain tersebut.

  1. 2.Pendaftaran

Calon peserta lelang dapat berupa perorangan maupun badan usaha. Calon peserta lelang mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada Aplikasi Lelang E-Auction pada alamat domain diatas dengan merekam softcopy (scan) KTP, NPWP, dan nomor rekening pribadi. Peserta lelang yang bertindak sebagai kuasa badan usaha diwajibkan mengunggah surat kuasa, akta pendirian perusahaan dan perubahannya, serta NPWP dalam 1 file.

  1. 3.Penawaran lelang diajukan melalui alamat domain diatas sejak pengumuman terbit sampai dengan :

Hari/Tanggal   : Kamis/25 Januari 2018 Pukul 10.30 waktu server (sesuai WIB)

  1. 4.Uang Jaminan
  2. a.Peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan lelang dengan ketentuan sbb:
    1. 1)Jumlah/nominal yang disetorkan harus sama dengan yang disyaratkan penjual dalam pengumuman lelang ini dan disetorkan sekaligus.
    2. 2)Setoran jaminan lelang harus efektif diterima oleh KPKNL selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan lelang.
    3. b.Uang jaminan lelang disetorkan ke nomor Virtual Account (VA) masing-masing peserta lelang. Nomor VA akan dikirim secara otomatis ke akun masing-masing peserta lelang pada Aplikasi Lelang E-Auction setelah berhasil melakukan pendaftaran dan data identitas peserta dinyatakan valid.

OPEN HOUSE/AANWIJZING:

Hari/Tanggal   : Kamis, 18 Januari 2018

Pukul                   : 09.00 s.d. 12.00 WIB

Lokasi                   : PT. Argani di Jalan Rungkut Industri I/17

                          Surabaya

PELAKSANAAN LELANG:

Hari/Tanggal   : Kamis, 25 Januari 2018,

Pukul              : 10.30 waktu server (sesuai WIB)

Lokasi             : KPKNL Surabaya GKN I, Jalan Indrapura    

                           Nomor 5 Surabaya

  1. a.Peserta lelang yang tidak memenangkan lelang, uang jaminan akan dikembalikan ke rekening pribadi peserta lelang tanpa potongan.
    1. 5.Penawaran Lelang
    2. a.Penawaran harga lelang menggunakan token yang telah dikirim secara otomatis dari alamat domain diatas kepada masing-    peserta lelang setelah setoran uang jaminan dinyatakan sah
    3. b.Penawaran lelang dimulai dari nilai limit. Penawaran lelang dapat diajukan berkali kali sampai batas waktu sebagaimana angka 3 huruf a
      1. 6.Pelunasan Lelang

Pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang sebesar 3% ditujukan ke nomor VA Pemenang Lelang paling lambat 5 (lima) hari sejak pelaksanaan lelang.

  1. 7.Obyek lelang diatas dijual dengan kondisi apa adanya dengan segala kekurangan dan konsekuensi biaya-biaya, tunggakan-tunggakan berupa Retribusi Izin Pemakaiaan Tanah, berikut permasalahan yang akan timbul di kemudian hari. Peserta dianggap telah mengetahui dan memahami kondisi obyek lelang dan bertanggung jawab atas obyek lelang yang dibeli.
  2. 8.Karena satu dan lain hal, pihak penjual dan atau pejabat lelang dapat melakukan pembatalan/penundaan lelang terhadap obyek lelang tersebut dan pihak-pihak yang berkepentingan/peminat lelang tidak dapat melakukan tuntutan/keberatan dalam bentuk apapun kepada pihak penjual (KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA), Pejabat Lelang, KPKNL, Kanwil DJKN dan Kantor Pusat DJKN.
  3. 9.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi KPKNL Surabaya dan KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA No. Telepon 031-8667559 ext 126 (Seksi Layanan Informasi) atau 08123010794 (Seksi Perbendaharaan).
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sidoarjo, 10 Januari 2018

 

 

 

KPPBC TMP JUANDA

KPKNL SURABAYA

KEMENTERIAN KEUANGAN

 

Jalan Raya Bandara Juanda KM. 3-4 Sidoarjo. Jawa Timur 61253. Indonesia

Link - link

The way you treat your job, is the way you treat your country.

”Lakukan pekerjaanmu dengan kebanggaan, loyalitas kerendahan hati dan ambisi untuk menjadi lebih baik lagi. Karena setiap prestasi yang kita raih, berarti meningkatkan harapan masyarakat untuk lebih maju lagi"

 - Sri Mulyani -