FAQ

Previous Next
Upaya Melindungi Masyarakat dari Peredaran Narkoba Momentum lebaran hari raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan setiap orang sebagai saat yang tepat untuk pulang ke kampung halaman bertemu dengan orang tua dan keluarga. Hal tersebut menimbulkan adanya perpindahan orang secara masif menyebabkan arus mudik lebaran yang menggunakan berbagai jenis moda transportasi. Salah satunya moda transportasi udara yaitu pesawat terbang yang menjadi pilihan bagi Tenaga Kerja Indonesia untuk pulang ke tanah air. Sidoarjo, (28/4) Seratus delapan puluh orang penumpang Scoot Tiger Air dengan nomor penerbangan TR262 mendarat di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda pukul 09.46 WIB. Setelah proses imigrasi selesai, selanjutnya penumpang akan melalui Customs Area. Adapun beberapa kegiatan di dalam Customs Area diantaranya menjalani pemeriksaan barang bawaan penumpang melalui mesin X-Ray, pendaftaran IMEI, pembayaran pajak, dan pemeriksaan badan. Dalam rangka pengawasan penyelundupan barang larangan berupa narkotika, psikotropika, dan prekursor, maka unit anjing pelacak atau K-9 Bea Cukai dikerahkan. Unit ini merupakan unit khusus Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang mendapat treatment dan pelatihan khusus untuk mengoperasikan anjing pelacak narkoba. Pemeriksaan barang bawaan penumpang menggunakan anjing pelacak dilaksanakan setelah barang dimasukan ke mesin x-ray bagasi sebelum menuju antrean pada conveyor belt dan diambil oleh penumpang. Melindungi masyarakat dari penyelundupan narkoba merupakan salah satu fungsi Bea Cukai yaitu Community Protector Salah satu upayanya yaitu dengan mengerahkan unit anjing pelacak / K-9. Mari bersama berantas narkoba dari Tanah Air, karena narkoba merusak masa depan dan kehidupan anda!
Previous Next
Upaya Mewujudkan Kelestarian Keanekaragaman Hayati Sidoarjo, (25/4) Pelaksanaan Sapa Pagi yang rutin diselenggarakan tiap hari senin dilanjutkan dengan kegiatan Sharing Knowledge dengan tema Pengamanan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL). Kegiatan Berbagi Pengetahuan disampaikan melalui media Zoom Teleconference dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai Juanda baik yang sedang menjalani WFO maupun WFH dirumah. Taupan Andreanus Rori Saputra, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, ditemani Fauzha Widiantoro, Pelaksana Pemeriksa pada Seksi Penindakan dan Penyidikan menyampaikan materi secara singkat dan menyeluruh. Materi meliputi konservasi keanekaragaman hayati sebagai upaya perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan keanekagaraman hayati pada tingkat ekosistem jenis dan genetik. Terdapat beberapa macam aturan dan regulasi terkait perlindungan satwa serta kriteria jenis satwa yang dilindungi. Berikutnya ketentuan pengawetan TSL pada konservasi in-situ dan ex-situ. Terakhir pembahasan mengenai regulasi umum tentang pengamanan TSL. Mari dukung konservasi keanekaragaman hayati dalam rangka upaya menjaga dan mewujudkan kelestarian keanekaragaman hayati sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia.

  1. Bagaimana jika status terhenti pada LNSW-Penerimaan Dokumen terlalu lama?
  • Terkait hal ini, telah dilakukan koordinasi dengan LNSW agar proses komunikasi dokumen lebih cepat. Dokumen yang mengalami kendala status terhenti lama pada LNSW-Penerimaan Dokumen dapat dilakukan kirim ulang oleh Seksi PDAD. Pengguna jasa juga dapat menghubungi pihak LNSW.

 

  1. Apa yang harus dilakukan jika terdapat cetakan PIB blank beberapa kolom seperti kolom jumlah barang tidak ada (null), dan SPPB sering blank?
  • Terkait hal ini, beberapa langkah dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Refresh Browser
  • Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
  • Clear cache browser
  • Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD untuk ditindaklanjuti.

 

  1. Bagaimana jika muncul respon reject salah CTEM (Cukai Tembakau) untuk importir yang pada barangnya terdapat pungutan cukai?
  • Pengguna jasa dapat melakukan perubahan pada seri barang yang terkena reject CTEM kemudian simpan.

 

  1. Kenapa status aju PIB terhenti pada Penjaluran?
  • Kendala ini bersifat kasuistik. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan dokumen tertahan pada status Penjaluran. Pengguna jasa dapat memastikan kondisi internet dalam keadaan baik.
  • Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD

 

  1. Bagaimana jika status terhenti pada Verification Payment padahal sudah dilakukan pembayaran atau mendapat NTPN?
  • Silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD agar ditindaklanjuti.

 

  1. Apa yang harus dilakukan jika pada saat mengakses Portal CEISA 4.0 pengguna jasa mengalami data hilang sementara, dan tidak bisa melakukan drafting serta kirim dokumen PIB
  • Terkait kendala ini terjadi error koneksi, pengguna jasa dapat mencoba menggunakan sambungan jaringan/koneksi lainnya serta pastikan koneksi internet tersebut dalam kondisi stabil
  • Atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
  • Refresh Browser
  • Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
  • Clear cache browser
  • Jika kendala masih terjadi, silakan hubungi Layanan Informasi atau Seksi PDAD agar ditindaklanjuti.

 

 

  1. Kenapa terdapat respon Reject NPWP not found?
  • Kendala ini bersifat kasuistik sehingga perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kesesuaian data yang diinput oleh pengguna jasa dengan data pada DJP.
  • Perhatikan pada penginputan NPWP seharusnya tidak menggunakan tanda baca. Silahkan pengguna jasa melakukan perbaikan kemudian kirim ulang dokumen.

 

  1. Kenapa terdapat respon Reject Salah Nilai Pungutan?
  • Terkait kendala ini telah dilakukan perbaikan oleh pusat. Apabila kendala ini terjadi kembali pengguna jasa dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  • Pastikan kurs yang digunakan sudah sesuai
  • Lakukan hitung ulang
  • Untuk seri barang yang terkena reject silahkan lakukan edit/ubah pada detil barang. Kemudian tunggu sampai loading selesai dan data benar-benar sudah terisi pada kolomnya. Jika data sudah lengkap dan terisi semua klik simpan lalu send dokumen
  • Gunakan modul lama PIB dengan patch terbaru (bisa didownload pada bit.ly/pib40) untuk draft dokumen PIB. Pastikan hanya terdapat satu file .exe di folder modul PIB (patch modul 6.4.0). Untuk file .exe patch modul sebelumnya harap dihapus terlebih dahulu
  • Untuk proses transfer flt file: buka modul PIB 6.4.0. saat background masih abu-abu langsung klik menu Transfer > Transfer PIB ke Disket > kemudian muncul list aju PIB dan pilih aju PIB yang akan dikirim > pada pojok kiri ganti alamat penyimpanan > jangan lupa klik Format CEISA 4.0 pada bagian kanan bawah > transfer > akan tergenerate file DOK15PIB.flt
  • Panduan transfer flt file dapat dilihat pada link berikut:
  • http://gg.gg/transferflatfileceisa40

 

  1. Kenapa terdapat responReject AWB salah/sudah dipakai?
  • Pengguna jasa agar menyesuaikan penulisan AWB pada dokumen PIB dengan data manifes pada portal pengguna jasa.

 

  1. Bagaimana jika ketika dokumen terkena Prenotifikasi, pengguna jasa tidak bisa klik menu prenotifikasi/tombol tidak berfungsi?
  • Ketika terkena Prenotifikasi pengguna jasa dapat klik lambang segitiga berwarna biru pada list aju dokumen, kemudian isikan data yang bisa diisi dan klik kirim apabila pengisian sudah selesai.
  • Jika tombol tidak berfungsi, pengguna jasa dapat mencoba beberapa langkah berikut:
  • Refresh Browser
  • Buka new Private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
  • Clear cache browser

 

  1. Kenapa link aktivasi akun tidak berfungsi?
  • Kendala ini bersifat kasuistik. Silahkan lapor kepada petugas Seksi PDAD untuk dilakukan kirim ulang link aktivasi. Kendala biasanya dialami oleh pengguna jasa yang melakukan pendaftaran menggunakan nomor identitas NIB dikarenakan saat ini sedang dilakukan validasi nomor NIB oleh system.

 

  1. Apa yang harus dilakukan jika terdapat kasus ketika mengakses Portal CEISA 4.0 muncul error bahasa pemrograman?
  • Kendala ini bersifat kasuistik. Pengguna jasa dapat memastikan kondisi internet dalam keadaan baik. Jika kendala masih terjadi, disarankan untuk menghubungi Layanan Informasi atau PDAD.

 

  1. Bagaimana jika terdapat PIB yang telah mendapat respon payment verification namun billing tidak muncul/cetakan billing blank?
  • Terkait hal ini telah dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh IKC.
  • Untuk pengguna jasa pastikan kondisi internet stabil, atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
  • Refresh Browser
  • Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
  • Clear cache browser
  • Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Seksi PDAD

 

  1. Bagaimana jika terdapat beberapa kasus gagal simpan draft PIB, tab yang sudah berwarna hijau kembali berubah menjadi merah dan data hilang/gagal tersimpan?
  • Apabila sebelumnya dibuka melalui single core system > dokumen pabean versi lama, silahkan buka melalui single core system > dokumen pabean dan begitu sebaliknya. Pastikan koneksi internet lancar.

 

  1. Bagaimana jika terdapat error data hilang setelah dilakukan hitung ulang?
  • Untuk pengguna jasa pastikan kondisi internet stabil, atau bisa dicoba beberapa langkah berikut:
  • Refresh Browser
  • Buka new private window/incognito, kemudian refresh browser kembali
  • Clear cache browser
  • Apabila sebelumnya dibuka melalui single core system > dokumen pabean versi lama, silahkan buka melalui single core system > dokumen pabean dan begitu sebaliknya

 

  1. Apa yang harus dilakukan jika nomor urut pada data barang tidak sesuai?
  • Silahkan tambahkan satu seri barang kemudian hapus kembali seri barang tersebut.

 

  1. Bagaimana jika terdapat error data entitas gagal tersimpan?
  • Silahkan edit data entitas pada single core system > dokumen pabean versi lama kemudian klik selanjutnya
  • Jangan melakukan copy paste tulisan kecuali menggunakan fitur salin data yang memang tersedia pada sistem seperti fitur salin data importir
  • Jika membuka single core system > dokumen pabean, pastikan semua tab berwarna hijau terlebih dahulu baru melakukan edit, dan jangan mengedit tab entitas kembali.

Subkategori

 

                              KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC JAWA TIMUR I

KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA

 

PENGUMUMAN EKSEKUSI LELANG

Nomor : PENG-01/WBC.11/KPP.MP.03/2018

 

            KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA dengan perantaraan Kantor Pelayananan Kekayaan Negara dan Lelang Surabaya akan melaksanakan penjualan secara lelang atas Barang Sitaan Pajak Bea Masuk atas nama Wajib Pajak PT. INDUSTRI KUDA PLASTIK berupa :

 

No

Nama Barang

Spesifikasi

Harga Limit (Rp.)

Uang Jaminan (Rp)

1.

 

 

 

1 (SATU) PAKET MESIN-MESIN

 

  1. 1.Automatic Bag Cutter merk/tipe Taiyo 1 (satu) unit
  2. 2.Automatic Bag Cutter merk/tipe Asia Pretendo Graha / F2R 650 2 (dua) unit
  3. 3.Mesin Press merk/tipe Sama Plastic Machinery (malaysia) 1 (satu) unit
  4. 4.Mesin Mixer tanpa merk (lokal) 1 (satu) unit
  5. 5.Mesin Blower merk/tipe Ch Chang Machinery Enterprise (taiwan) 5 (lima) unit
  6. 6.Mesin Printing merk/tipe EC Motor / S601 (San Chih Elektronic & Machinery Taiwan) 1 (satu) unit
  7. 7.Mesin Potong tanpa merk (lokal) 1 (satu) unit

 

50.023.000,-

 

 

25.000.000,-

 

 

 

Syarat-syarat lelang :

  1. 1.Cara Penawaran

Lelang dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui Aplikasi Lelang E-Auction secara Clossed Bidding, dibuka dengan browser pada alamat domain www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id

Tatacara mengikuti lelang dapat dilihat pada menu “Prosedur Lelang” dan “Syarat Ketentuan” pada domain tersebut.

  1. 2.Pendaftaran

Calon peserta lelang dapat berupa perorangan maupun badan usaha. Calon peserta lelang mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada Aplikasi Lelang E-Auction pada alamat domain diatas dengan merekam softcopy (scan) KTP, NPWP, dan nomor rekening pribadi. Peserta lelang yang bertindak sebagai kuasa badan usaha diwajibkan mengunggah surat kuasa, akta pendirian perusahaan dan perubahannya, serta NPWP dalam 1 file.

  1. 3.Penawaran lelang diajukan melalui alamat domain diatas sejak pengumuman terbit sampai dengan :

Hari/Tanggal   : Kamis/25 Januari 2018 Pukul 10.30 waktu server (sesuai WIB)

  1. 4.Uang Jaminan
  2. a.Peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan lelang dengan ketentuan sbb:
    1. 1)Jumlah/nominal yang disetorkan harus sama dengan yang disyaratkan penjual dalam pengumuman lelang ini dan disetorkan sekaligus.
    2. 2)Setoran jaminan lelang harus efektif diterima oleh KPKNL selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan lelang.
    3. b.Uang jaminan lelang disetorkan ke nomor Virtual Account (VA) masing-masing peserta lelang. Nomor VA akan dikirim secara otomatis ke akun masing-masing peserta lelang pada Aplikasi Lelang E-Auction setelah berhasil melakukan pendaftaran dan data identitas peserta dinyatakan valid.

OPEN HOUSE/AANWIJZING:

Hari/Tanggal   : Kamis, 18 Januari 2018

Pukul                   : 09.00 s.d. 12.00 WIB

Lokasi                   : PT. Argani di Jalan Rungkut Industri I/17

                          Surabaya

PELAKSANAAN LELANG:

Hari/Tanggal   : Kamis, 25 Januari 2018,

Pukul              : 10.30 waktu server (sesuai WIB)

Lokasi             : KPKNL Surabaya GKN I, Jalan Indrapura    

                           Nomor 5 Surabaya

  1. a.Peserta lelang yang tidak memenangkan lelang, uang jaminan akan dikembalikan ke rekening pribadi peserta lelang tanpa potongan.
    1. 5.Penawaran Lelang
    2. a.Penawaran harga lelang menggunakan token yang telah dikirim secara otomatis dari alamat domain diatas kepada masing-    peserta lelang setelah setoran uang jaminan dinyatakan sah
    3. b.Penawaran lelang dimulai dari nilai limit. Penawaran lelang dapat diajukan berkali kali sampai batas waktu sebagaimana angka 3 huruf a
      1. 6.Pelunasan Lelang

Pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang sebesar 3% ditujukan ke nomor VA Pemenang Lelang paling lambat 5 (lima) hari sejak pelaksanaan lelang.

  1. 7.Obyek lelang diatas dijual dengan kondisi apa adanya dengan segala kekurangan dan konsekuensi biaya-biaya, tunggakan-tunggakan berupa Retribusi Izin Pemakaiaan Tanah, berikut permasalahan yang akan timbul di kemudian hari. Peserta dianggap telah mengetahui dan memahami kondisi obyek lelang dan bertanggung jawab atas obyek lelang yang dibeli.
  2. 8.Karena satu dan lain hal, pihak penjual dan atau pejabat lelang dapat melakukan pembatalan/penundaan lelang terhadap obyek lelang tersebut dan pihak-pihak yang berkepentingan/peminat lelang tidak dapat melakukan tuntutan/keberatan dalam bentuk apapun kepada pihak penjual (KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA), Pejabat Lelang, KPKNL, Kanwil DJKN dan Kantor Pusat DJKN.
  3. 9.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi KPKNL Surabaya dan KPPBC TIPE MADYA PABEAN JUANDA No. Telepon 031-8667559 ext 126 (Seksi Layanan Informasi) atau 08123010794 (Seksi Perbendaharaan).
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sidoarjo, 10 Januari 2018

 

 

 

KPPBC TMP JUANDA

KPKNL SURABAYA

KEMENTERIAN KEUANGAN

 

Jalan Raya Bandara Juanda KM. 3-4 Sidoarjo. Jawa Timur 61253. Indonesia

Link - link

The way you treat your job, is the way you treat your country.

”Lakukan pekerjaanmu dengan kebanggaan, loyalitas kerendahan hati dan ambisi untuk menjadi lebih baik lagi. Karena setiap prestasi yang kita raih, berarti meningkatkan harapan masyarakat untuk lebih maju lagi"

 - Sri Mulyani -