Previous Next

BC JUANDA HADIRI PEMUSNAHAN MEDIA PEMBAWA ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN KARANTINA

Sinergi Community Protector BC Juanda - Karantina Pertanian Surabaya
Surabaya - Rabu, (26/10/2022) Bea Cukai Juanda menghadiri undangan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya dalam acara pemusnahan media pembawa Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK). Bertempat di Instalasi Karantina Pertanian Surabaya, kegiatan juga dihadiri oleh forkopimda setempat, perwakilan penyelenggara pos dan perusahaan jasa titipan. Sinergi ini merupakan upaya bersama cegah tangkal masuk dan tersebarnya Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) di Wilayah Republik Indonesia.
Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) adalah semua organisme pengganggu tumbuhan yang ditetapkan Pemerintah untuk dicegah masuknya ke dalam dari tersebarnya di dalam wilayah negara Republik Indonesia. Pada kesempatan ini pemusnahan dilakukan terhadap Media Pembawa OPTK berupa benih, bibit tanaman dan kayu olahan impor dengan cara dibakar dan ditimbun sehingga media pembawa tidak berpotensi menjadi sumber penyebaran OPTK/HPHK.
Berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, penyelenggaraan karantina dilakukan untuk mencegah masuk dan tersebarnya Agensia Hayati, Jenis Asing Invasif, dan PRG, yang berpotensi mengganggu kesehatan manusia, Hewan, Ikan, Tumbuhan dan kelestarian lingkungan. Pemusnahan kali ini dilakukan atas pelanggaran terhadap kewajiban pemenuhan administrasi. Dalam UU yang sama dijelaskan bahwa setiap Media Pembawa yang dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia wajib dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit, dimasukkan melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditetapkan, serta dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina untuk keperluan tindakan karantina.
Bea Cukai Juanda bersama Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surbaya dan para stakeholder berkomitmen untuk senantiasa melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal dan berbahaya. Semoga upaya nyata ini menjadi ikhtiar yang akan membawa Indonesia menuju negara yang aman, sehat dan mampu melahirkan generasi unggul untuk kemajuan bangsa.
Previous Next

PERINGATI HARI OEANG KE 76, BC JUANDA GELAR BAKTI SOSIAL

 
Juanda Peduli : Bakti Sosial Kemanusiaan & Pendidikan
Sobat Juanda, 30 Oktober selalu kita peringati sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (HORI). Beragam kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati detik-detik dikeluarkannya Oeang Republik Indonesia (ORI) untuk pertama kalinya. Momen diterbitkannya ORI adalah momen yang menjadi simbol pemersatu bangsa sekaligus lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Di lingkungan Kementerian Keuangan, tak jarang dalam bulan Oktober diisi serangkaian kegiatan peringatan Hari Bea Cukai yang jatuh pada tanggal 1 Oktober dan puncaknya tanggal 30 Oktober sebagai HORI.
Jumat, (21/10/2022) dalam rangka memperingati Hari Bea Cukai dan Hari Oeang, Bea Cukai Juanda menggelar aksi bakti sosial dibidang kemanusiaan dan pendidikan. Melalui wadah Juanda Peduli, Bea Cukai Juanda mengajak seluruh pegawainya untuk mengumpulkan donasi dan menyalurkan bantuan berupa kursi roda ke Perkumpulan Disabilitas Sidoarjo Mandiri (PDSM) dan pembagian buku bacaan anak-anak ke lembaga pendidikan.
Peringatan HORI ke 76 tahun ini mengangkat tema “Kemenkeu Satu : Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan”. Kepala Kantor Bea Cukai Juanda menyampaikan apresiasi atas donasi yang telah dikumpulkan seluruh pegawai, hal ini merupakan wujud nyata partisipasi Beacukai Juanda dalam mengawal pemulihan ekonomi nasional. “Mari kita tebar manfaat kepada sesama disamping tusi utama yang terus kita galakkan”, ucap Himawan.
Pada kesempatan yang sama, perwakilan PDSM, Tofan turut hadir secara langsung untuk menerima penyerahan donasi Juanda Peduli. "Semoga melalui kegiatan ini semua yang diberikan bapak ibu pegawai menjadi berkah serta menjadikan Bea Cukai Juanda ramah terhadap penyandang disabilitas” pungkas Tofan.
Previous Next

MAKIN PAHAM EKSPOR LEWAT JUANDA CUSTOMS CLASS

 
JCC Jilid 10
Halo Sob, mana nih suara Sobat Juanda yang sudah punya produk siap ekspor?
Ngomogin barang ekspor, Kamis 20 Oktober 2022 Bea Cukai Juanda hadir dengan program rutin bulanannya “Juanda Customs Class”. Pada bulan ini JCC telah memasuki jilid yang ke sepuluh dan berhasil mengajak masyarakat luas untuk semakin memahami beragam ketentuan kepabeanan.
Dibawakan oleh moderator yang komunikatif, Brilliandika, JCC bulan Oktober mengundang dua narasumber berkompeten yang telah lama menggeluti dunia kepabeanan di bidang ekspor dan sistem informasi Bea Cukai. Mengawali pembelajaran, Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Anton Tarmuji menjelaskan pengertian ekspor. Dalam UU Nomor 17 tahun 2006 Tentang Kepabeanan, ekspor didefinisikan sebagai kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean, sedangkan eksportir didefinisikan sebagai orang perseorangan atau lembaga atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum, yang melakukan ekspor. “Barang yang telah dimuat di sarana pengangkut untuk dikeluarkan dari Indonesia dianggap telah diekspor dan diperlakukan sebagai barang ekspor”, jelas Anton. Hal tersebut dikarenakan tidak mungkin menempatkan pejabat Bea dan Cukai di sepanjang garis perbatasan untuk memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan barang ekspor.
Pada sesi berikutnya Andra Dwi, pelaksana Seksi PDAD hadir menyampaikan tatacara penyampaian dokumen pemberitahuan ekspor. Pemberitahuan atas ekspor suatu barang wajib dilakukan dengan menggunakan PEB BC 3.0. Dikecualikan dalam hal barang ekspor adalah barang pribadi penumpang, barang awak sarana pengangkut, barang pelintas batas dan barang kiriman melalui pos dengan berat tidak melebihi 100 (seratus ) kilogram. PEB BC 3.0 dapat diajukan paling cepat 7 (tujuh) hari kerja sebelum tanggal perkiraan ekspor atau paling lambat sebelum masuk kawasan pabean, dikecualikan untuk barang curah dan kendaraan Completely Bulit Up (CBU) dapat diajukan paling lambat sebelum keberangkatan sarana pengangkut.
Tak hanya itu, beragam bahasan seputar ekspor pun turut dikupas oleh narasumber, diantarnaya adalah konsolidasi barang ekspor, pemeriksaan ekspor, Pembetulan dan pembatalan PEB, hingga ekspor komoditas wajib bea masuk. Kegiatan berjalan lancar dan penuh antusias peserta.
Nantikan Kelas-kelas berikutnya dan sampai jumpa. Jangan lupa Like, Share dan Tag teman2 kalian di kolom komentar ya.
“JCC - Know More!”

Jalan Raya Bandara Juanda KM. 3-4 Sidoarjo. Jawa Timur 61253. Indonesia

Link - link

The way you treat your job, is the way you treat your country.

”Lakukan pekerjaanmu dengan kebanggaan, loyalitas kerendahan hati dan ambisi untuk menjadi lebih baik lagi. Karena setiap prestasi yang kita raih, berarti meningkatkan harapan masyarakat untuk lebih maju lagi"

 - Sri Mulyani -