NGULIK TUGAS & FUNGSI BEA CUKAI: CGC STP-Satya Widya Surabaya

Sidoarjo - Selasa, (28/12/2021) Bea Cukai Juanda menerima kunjungan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Satya Widya Surabaya. Kegiatan dilaksanakan secara luring di aula kantor dengan mengangkat tajuk Campus Goes to Customs (CGC). Himawan Indarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda membuka secara langsung CGC pagi ini.
 
Tamu yang hadir merupakan mahasiswa Program Diploma III Bina Wisata Pariwisata. Seperti diketahui bahwa Pariwisata merupakan bidang usaha yang berkembang dengan sangat cepat dan dinamis sehingga membutuhkan para profesional yang terlatih. Tak hanya keilmuan dan wawasan destinasi wisata, ketentuan seputar kepabeanan dan cukai pun perlu untuk mereka pahami sebagai bekal ilmu didunia karja, salah satunya bidang travel internasional.
 
Chondro Yuwono, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama yang didapuk menjadi narasumber mengajak para mahasiswa untuk mengulik tugas dan fungsi Customs/Bea Cukai. Customs merupakan salah satu instansi yang tergabung dalam CIQ dan bertugas diberbagai tempat strategis dimana lalu-lintas barang dan manusia antar negara terjadi. Pada sesi yang sama, Chondro juga menyampaikan ketentuan seputar impor. Dalam dunia usaha dan travel, impor yang sering dilakukan yakni melalui skema barang kiriman dan barang bawaan penumpang. Narasumber menekankan kepada para mahasiswa untuk memahami tatalaksana impor dan ketentuan barang yang terkena aturan larangan & pembatasan untuk diimpor.
 
CGC berjalan lancar dan penuh antusias peserta. Diakhir sesi para peserta diajak untuk barmain kuis seputar materi yang telah didiskusikan bersama. Supomo, selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai Juanda, “Terimakasih atas respon baik Bea Cukai Juanda terhadap penawaran kerjasama kami, semoga mahasiswa kami bisa turut menjadi agen perubahan dan penyebar informasi seputar kepabeanan dan cukai kepada masyarakat umum”.