PEMUSNAHAN NARKOBA & MIRAS: Wujudkan Bangsa Sehat & Maju

 
Surabaya - Memasuki penghujung tahun 2021 Ditresnarkoba melaksanakan pemusnahan barang bukti narkoba dan miras hasil ungkap kasus kegiatan rutin Ditresnarkoba dan Satresnarkoba Jajaran Polda Jatim. Bea Cukai Juanda dan jajaran aparat penegak hukum di wlayah Jawa Timur turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman Mapolda Jatim ini.
 
Selama Januari - November 2021, Ditresnarkoba Polda Jatim bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim berhasil menindak puluhan kilogram narkotika dan ratusan botol berisi minuman keras. Tak ketinggalan, Bea Cukai Juanda juga turut menyerahkan barang hasil penindakan berupa narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) asal bawaan penumpang internasional dan barang kiriman kepada Polda Jatim. Semua barang terlarang tersebut dimusnahkan di Mapolda Jatim pada Kamis siang (23/12/2021).
 
 
Adapun rincian barang bukti yang dimusnahkan antara lain, sabu-sabu sebanyak 31,4 kilogram, ganja sebanyak 18,085 kilogram, ekstasi 1,750 butir, Double L 118.000 butir, tembakau sintetis 65 gram dan 7,320 botol berbagai jenis Miras. Barang haram tersebut disita dari puluhan tersangka.Proses pemusnahan narkoba dilakukan dengan dibakar menggunakam incenerator milik BNNP Jatim. Sedangkan miras botolan dimusnahkan dengan dihancurkan menggunakan buldozer.
 
Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, kegiatan pemusnahan ini merupakan bentuk realisasi komitmen Polri dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba dan miras yang merupakan ganguan aktifitas di Jawa Timur. Keberhasilan pengungkapan kasus ini tak lepas dari peran elemen masyarakat. "Hampir 60 persen pengungkapan bermula dari informasi masyarakat di lapangan," ujarnya Wakapolda saat giat pemusnahan. Ia pun mengajak masyarakat untuk aktif membantu mengungkap dan memerangi peredaran narkoba di Indonesia, khususnya di Jatim.
 
Kegiatan dihadiri sejumlah aparat penegak hukum, instansi pemerintah, LSM, serta tokoh masyarakat dan keagamaan. Diharapkan dengan adanya penertiban atas barang-barang terlarang, rakyat Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan maju.