SATU PADU BANGUN BUDAYA ANTI KORUPSI: Peringatan HAKORDIA 2021

 
Surabaya - Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) selalu diperingati bangsa Indonesia setiap tahunnya. Tahun ini bangsa Indonesia melalui pidato presiden sepakat bahwa korupsi merupakan extraordinary crime yang harus ditumpas habis. Senin, (13/12/2021) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menggelar Talkshow peringatan HAKORDIA tahun 2021 dengan tajuk Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi. Kegiatan digelar secara hybrid di aula Bea Cukai Tanjung Perak dan dihadiri beberapa tokoh nasional, diantaranya adalah Wakil Ketua KPK, Direktur Jenderal Bea dan Cukai beserta jajarannya, Ketua ALFI Jawa Timur, Ketua KAD Jawa Timur serta jajaran pejabat dan pegawai dilingkungan Kanwil Bea Cukai Jatim I.
 
 
Mengawali kegiatan, Askolani, Dirjen Bea dan Cukai menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan talkshow ini. Dalam sambutannya Askolani menyampaikan bahwa pada tahun 2021 DJBC telah melaunching lanjutan reformasi Bea Cukai dengan empat pilar strategi, yakni menegakkan integritas, SDM dan organisasi, memberikan pelayanan dan pemeriksaan yang lebih baik kepada semua stakeholder, penguatan pencegahan dan penindakan barang-barang ilegal, serta meningkatkan penerimaan dari Bea dan Cukai untuk membantu APBN demi mendukung pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.
 
Keseruan acara semakin memuncak saat Talkshow Anti Korupsi dimulai. Pada kesempatan ini Nurul Ghufron, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi hadir secara langsung. Tak hanya sendiri, turut hadir pula Hengki Pratoko, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jatim dan Reswanda, Ketua Komite Advokasi Daerah Anti Korupsi (KAD) Jatim. Nurul Ghufron menyampaikan, “Untuk mewujudkan budaya anti korupsi, kita perlu menerapkan tata nilai, tata kelola, dan tata sejahtera”.
 
 
Bea Cukai Juanda turut berkontribusi aktif atas terselenggaranya kegiatan. Pada peringatan HAKORDIA 2021 ini pula, Bea Cukai Juanda berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Pegawai Teladan DJBC atas inisiasi vendor management system untuk pengadaan yang berintegritas serta juara tiga film pendek anti korupsi.
Mari bersatu padu membangun budaya anti korupsi demi Bea Cukai makin baik dan Indonesia maju.