PELANTIKAN JURUSITA: Siap Amankan Hak-hak Negara

Sidaorjo – Rabu siang, (06/10/2021) Bea Cukai Juanda melaksanakan pelantikan Jurusita. Kegiatan digelar dengan metode hybrid, secara langsung upacara pelantikan digelar di Lobby Bea Cukai Juanda dengan diikuti dua orang perwakilan pegawai dan secara daring melalui video conference. Himawan Indarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda melantik sebanyak tujuh orang Jurusita di lingkungan kerja pelayanan dan pengawasannya.
 
Kegiatan usaha dibidang kepabeanan maupun cukai tidak terlepas dari suatu kewajiban untuk membayarkan pungutan negara baik berupa bea masuk, bea keluar, cukai, hingga berbagai jenis pajak dan tagihan yang timbul. Tak jarang pelaku kegiatan usaha tidak dapat melakukan pemenuhan kewajibannya atau melakukan kesalahan/pelanggaran sehingga menimbulkan tagihan yang harus ditanggung. Dalam rangka mengamankan hak-hak negara Bea Cukai memiliki petugas yang berfungsi melakukan penagihan utang atau biasa disebut Jurusita.
 
Jurusita Bea dan Cukai adalah pelaksana tindakan penagihan bea masuk dan/atau cukai. Penagihan bea masuk dan/atau cukai perlu dilakukan agar penanggung bea masuk dan/atau cukai melunasi utang bea masuk dan/atau cukai, dan biaya penagihan bea masuk dan/atau cukai. Tugas ini berbentuk serangkaian upaya yang harus dilakukan dengan baik, mulai dari menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan surat paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan, hingga menjual barang yang telah disita.
 
Dalam amanatnya, Himawan menyampaikan selamat kepada para pegawai sekaligus menitipkan amanat untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai jurusita dengan penuh tanggung jawab. “Tidak mudah menjadi jurusita, karena kita akan menjadi jurusita yg memiliki empati dan tidak arogan tetapi bisa mendengar, menggugah mereka untuk menyelesaikan kewajibannya kepada negara” tuturnya. Para jurusita merupakan pegawai yang telah dibekali pelatihan khusus untuk dapat melaksanakan tugas penagihan. “Mari kita berikhtiar bersama dan dengan iringan doa semoga kita semua dimudahkan” pungkas Himawan.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas