RISIKO TERMITIGASI, OPTIMALKAN CAPAIAN: DKO September 2021

Tugas dan fungsi organisasi merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari seorang ASN. Diperlukan monitoring dan evaluasi berkelanjutan demi meraih capaian yang paling optimal. Rabu, (05/10/21) Bea Cukai Juanda menggelar rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) secara daring. Rapat rutin bulanan ini dipimpin langsung oleh Himawan Indarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda dan diikuti jajaran pejabat eselon IV.
 
Berbagai lini organisasi terus diperbaiki. Tak ketinggalan, potensi timbulnya gangguan dan hambatan layanan turut dimitigasi. Bea Cukai Juanda memiliki 25 risiko yang dimitigasi. “Sampai dengan September 2021, seluruh seksi telah merealisasikan rencana aksi mitigasi risiko sesuai dengan jadwal”, ucap Aries Permana, Eksekutif Manager Manajemeni Risiko (MR) Bea Cukai Juanda. “Sebesar 85,56% risiko telah termitigasi”, ungkap Aries.
 
Agenda utama rapat DKO adalah membahas target dan realisasi kinerja organisasi. Bea Cukai Juanda berhasil memberikan layanan dan pengawasan kepada seluruh stakeholder dengan perolehan predikat memuaskan. Capaian tersebut diraih atas pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) tahun 2021. Pada awal tahun, Bea Cukai Juanda menargetkan indeks SKPJ pada angka 4,28 dari skala 5 dan kini telah berhasil melampauinya dengan capaian indeks 4,46. Hasil ini menggambarkan kualitas sistem dan prosedur layanan, pegawai dan petugas, layanan informasi hingga sarana prasarana yang dimiliki Bea Cukai Juanda.
 
Janji layanan kepabeanan dan cukai pun telah terpenuhi, dari target 100% Bea Cukai Juanda telah berhasil meraih angka 113,84%. Sementara dari sisi kualitas pelaksanaan anggaran, menutup triwulan ketiga 2021 BC Juanda telah melakukan penyerapan anggaran sebesar 99,65% dari target tahunan yang dipasang pada angka 95,5%.
Bea Cukai Juanda akan terus melakukan perbaikan menuju kesempurnaan guna mengoptimalkan capaian, meningkatkan layanan dan melaksanakan tugas pengawasan untuk melindungi mayarakat.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas