FESyar: KOLABORASI BI & BC, Coaching Clinic Exim bareng UMKM

 
Jumat, 1 Oktober 2021 Bea Cukai Juanda berpartisipasi dalam event akbar yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI). Bertajuk Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa Timur Tahun 2021, event ini yang mengintegrasikan pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah guna mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia serta menjaring agen-agen potensial pengembangan ekonomi syariah ke depannya. Bea Cukai Juanda bersama beberapa kantor di lingkungan Kanwil DJBC Jatim I turut berbagi pengetahuan seputar ekspor impor (exim) kepada para peserta.
 
Mengangkat tema Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Melalui Digitalisasi untuk Pemulihan Ekonomi event ini digelar secara hybrid. Bea Cukai Juanda hadir sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman terkait kepabeanan khususnya tatalaksana ekspor impor menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). Seiring perkembangan zaman Bea Cukai telah memberikan kemudahan akses bagi para pelaku usaha untuk melakukan produksi hingga pemasaran komoditias yang dimiliki melalui sekema ekspor impor. Kini kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan portal berbasis web bernama CEISA 4.0 atau aplikasi modul PIB maupun PEB.
 
Pada kesempatan ini Bea Cukai Juanda membuka kelas coaching clinic bersama pelaku UMKM, jasa pengiriman hingga civitas akademika. Dengan kelas kecil seperti ini diharapkan proses transfer informasi data semakin efektif dan efisien. Peserta pun leluasa untuk berdiskusi dan tanya jawab hingga tuntas.
Tak hanya instansi pemerintah, Bank Indonesia juga menggandeng berbagai stakeholdernya dalam event ini untuk turut serta mengembangkan perekonomian syariah, diantaranya adalah e-commerce, bank, dan para entrepreneur. Diharapkan dengan adanya sinergi upaya nyata ini mampu meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM Syariah sehingga mengakselerasi kemajuan bangsa.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas