PAHAM EKSPOR EKONOMI MELESAT: JCC Jilid 9

 
Rabu pagi (29/09) Juanda Customs Class menghadirkan tiga narasumber Andrean Fuza, Faridatul Ashriyah dan Everest Laut Dolar dari Seksi PKC II. Berbicara tentang tentang ekspor, apasih pengertiannya?
Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean, secara yuridis barang yang telah dimuat ke Sarana Pengangkut untuk dikeluarkan dari Daerah Pabean dianggap telah diekspor dan diperlakukan sebagai barang ekspor. Untuk melakukan ekspor, eksportir perlu menyampaikan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) secara elektronik ke Bea Cukai.
 
Pada dasarnya negara sangat mendukung dan mendorong kegiatan ekspor untuk meningkatkan perekonomian bangsa. Berdasarkan PMK 13/PMK.10/2017 terdapat barang tertentu yang dikenakan bea keluar atas eksportasinya. Barang tersebut diantaranya adalah biji kakao, produk hasil pengolahan mineral logam, kelapa sawit, CPO dan produk turunannya, Kayu dan Kulit serta produk mineral logam dengan kriteria tertentu, selain barang-barang ini tidak dipungut bea keluar.
Bea Cukai Juanda sebagai instansi yang bertugas memberikan layanan dan pengawasan dibidang ekspor impor terus berupaya memberikan layanan
terbaik
 
guna mendorong potensi ekspor masyarakat. Bea Cukai Juanda memberikan layanan 24 jam setiap harinya untuk Penerimaan pengajuan PEB, Pengeluaran barang dari TPS, Pemasukan barang ekspor, dan Pelayanan pabean lainnya di bidang ekspor.
Semoga denga terselenggaranya kegiatan JCC dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait ekspor sehingga realisasi semakin meningkat dan perekonomian kian melesat.
JCC “Know More”