BC & POLDA JATIM AMANKAN 4 KG NARKOBA: Presscon Penyelundupan Narkotika

Surabaya - Senin pagi, 27 September 2021 Bea Cukai Juanda bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menggelar Press Conference atas pengungkapan penyelundupan importasi 4.067 gram Narkotika jenis Methamphetamine. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Humas Polda Jatim usai pengembangan kasus yang berhasil ditangkap pada 6 Juli 2021 lalu. Penyelundup menggunakan modus false concealment, yakni menyembunyikan narkoba di dalam koper yang berisi makanan dari Afrika Selatan.
Kegiatan ini berawal dari adanya Informasi Ditresnarkoba Polda Jatim kepada Bea Cukai Juanda terkait akan adanya importasi kargo udara berisikan methamphetamine. Dari tracing data yang dilakukan, diketahui kargo tersebut berasal dari Afrika Selatan dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Menyikapi hal tersebut Bea Cukai Juanda melakukan koordinasi dengan Kanwil DJBC Jatim I, KPU Bea Cukai Soetta dan Subdit Narkotika Kantor Pusat Bea Cukai agar informasi ini dapat dikembangkan.
 
Dari hasil pemeriksaan atas kargo tersebut ditemukan dua buah koper berisikan narkotika jenis methamphetamine dengan berat brutto 4.067 gram. Selanjutnya untuk mendapatkan penerima barang, Bea Cukai bersama pihak kepolisisan melakukan kegiatan control delivery dan berhasil melakukan penangkapan terhadap empat orang tersangka pada Selasa 6 Juli 2021 seminar pukul 15.00 WIB yaitu Sdr. DS, RZ, ST dan FK. "Kami lakukan control delivery terhadap penerima paket tersebut. Dan melakukan titik temu di Rest Area KM 14 Karang Tengah, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Kota Tangerang," ujar Kompol James. "Dari empat tersangka yang diamankan, satu orang merupakan seorang wanita," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Mapolda Jatim.
 
Pengungkapan Penyelundupan Methamphetamine ini menunjukkan sinergitas yang sangat baik antara Bea Cukai Juanda, Kantor Wilayah DJBC Jatim I, KPU Bea Cukai Soetta, Subdit Narkotika Kantor Pusat Bea Cukai serta Ditresnarkoba Polda Jawa Timur. Semoga sinergi yang telah terbangun baik dapat semakin solid guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi demi melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal/berbahaya.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas