INDONESIA PULIH!: BC Juanda Fasilitasi Impor Vaksin Prizer

 
Sidoarjo - Upaya pemeritah dalam menangani Pandemi Covid-19 kian dipercepat. Pembentukan satuan tugas, penerbitan regulasi yang mempermudah penanganan pandemi, hingga refocusing anggaran dilakukan dan terus dievaluasi demi memulihkan bangsa Indonesia. Kamis, 16 September 2021 Bea Cukai Juanda memberikan pelayanan segera (Rush Hundling) atas kegiatan impor Vaksin Pfizer yang dilakukan melalui Bandara Internasional Juanda.
 
PT Pfizer Indonesia mendatangkan sebanyak 210.600 dosis Vaksin Pfizer sebagai bentuk dukungan kepada Indonesia dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. Bekerjasama dengan ekspedisi DHL, Vaksin Pfizer diserahterimakan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
 
Importasi ini merupakan kali pertama kedatangan vaksin melalui jalur udara di Jawa Timur. Bea Cukai Juanda sebagai instansi yang berwenang melakukan pelayanan dan pengawasan ekspor impor di Bandara Juanda juga mempercepat persetujuan fasilitas dalam bentuk Pelayanan Segera (Rush Handling) sebagaimana diatur Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74 Tahun 2021, yakni pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu karena karakteristiknya (peka kondisi, dan/atau peka waktu) sehingga perlu segera dikeluarkan dari Kawasan Pabean. Janji layanan Rush Handling untuk vaksin adalah 2 jam sejak permohonan diterima. Beberapa hari sebelumnya, telah dilakukan koordinasi antar pihak terkait untuk memperlancar importasi vaksin. Bea Cukai Juanda juga memberikan Fasilitas Fiskal berupa pembebasan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan PPh Pasal 22 Impor sesuai PMK nomor 188/PMK.04/2020.
 
Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Himawan Indarjono bersama Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Surabaya, Rustyawati, dan Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Timur, M. Yoto secara langsung meninjau kegiatan proses pengawasan dan pemeriksaan Vaksin Pfizer. Vaksin tiba pukul 14.00 WIB dengan dikemas dalam enam palet dan diangkut menggunakan maskapai penerbangan My Indo. Selanjutnya vaksin dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur dengan pengawalan TNI POLRI.
 
Bea Cukai Juanda berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan maupun pengawasan dalam rangka melaksanakan tugas sekaligus mendukung program percepatan penanganan Pandemi Covid-19.