ROAD TO KEMENKEU GOVERNMENT 4.0 FGD Triwulan III

Sidoarjo – Senin, 13 September 2021 menjadi awal pekan yang begitu penuh semangat perubahan. Pagi ini Bea Cukai Juanda melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan III dengan tema Menuju Kemenkeu Goverment 4.0. Topik diskusi terbagi menjadi tiga pokok bahasan yang terdiri dari "Ruang Kerja Masa Depan Kementerian Keuangan (RKMD)", "Kemenkeu Learning Organization (Kemenkeu LO)", dan "Kerangka Kerja Integritas Kemenkeu". FGD dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Himawan Indarjono dan diikuti oleh seluruh pegawai secara daring.
 
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kedepan merupakan suatu ruang kerja yang mewadahi SDM dengan multi kompetensi. Cita-cita ini akan diraih dengan membangun learning organization Kemenkeu. Berbagai pelatihan cross function terus dikembangkan guna memfasilitasi pegawai agar menjadi learners’ performance. “Tidak menutup kemungkinan pegawai Bea Cukai akan mutasi lintas Unit Eselon I dalam Kemenkeu” ungkap Himawan. “Oleh karenanya, mari kita tingkatkan semangat belajar dan berkembang agar mampu bertransformasi mendukung kinerja Kemenkeu”, tegasnya.
 
Bertipe kantor Madya Pabean, Bea Cukai Juanda memiliki lebih dari 200 pegawai yang didominasi generasi milenial. Penerapan Kerangka Kerja Integritas Kemenkeu diharapkan mampu mewujudkan kehiupan bangsa yang bersih dari korupsi dengan didukung nilai budaya yang berintegritas. Dengan demikian, sinergi antar generasi menjadi sebuah keniscayaan untuk dapat menciptakan lompatan besar menuju perubahan ke arah yang lebih baik.
 
Diharapkan dengan dilaksanakannya FGD ini para pegawai mampu memahami berbagai kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan, serta mampu mendukung dan mewujudkan Kementerian Keuangan menuju Government 4.0.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas