BC JUANDA GANDENG BKIPM & BBKP SURABAYA: Solid Jalankan Tusi Bersama

Sidoarjo - Mengawali minggu kedua bulan September, Senin (06/09/21) Bea Cukai Juanda melakukan kunjungan kerja guna mempererat sinergi dan kerjasama dengan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Surabaya dan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya. Bertempat di BKIPM Kelas I Surabaya, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Himawan Indarjono membahas sejumlah topik terkait kegiatan ekspor dan impor.
 
Bea Cukai Juanda sebagai instansi yang berwenang melakukan pengawasan dan pelayanan di kawasan Bandara Internasional Juanda terus menjalin hubungan baik kepada para stakeholdernya, baik perusahaan pelaku ekspor impor maupun sesama instansi pemerintah. Dalam kunjungannya, Himawan Indarjono menggandeng BKIPM Kelas I Surabaya untuk mendukung percepatan sekaligus peningkatan ekspor. Muhlin, Kepala BKIPM menyampaikan bahwa berdasarkan data BKIPM Kelas I Surabaya, volume ekspor tahun 2019 mencapai 203.180 ton dan meningkat 8,2 persen pada tahun 2020 menjadi 219.860 ton. Angka tersebut menunjukkan eskpor komoditi ikan mengalami peningkatan meski di masa pandemi. Diharapkan pada tahun 2021 yang telah kian membaik ini, volume ekspor akan semakin meningkat.
 
Di sisi lain Bea Cukai bersama BKIPM Kelas I Surabaya dan BBKP Surabaya terus mempererat kerjasama dalam bidang pengawasan impor. Kujungan Himawan Indarjono ke BBKP disambut hangat Kepala Bidang Pengawasan. Komoditi tumbuhan merupakan objek pengawasan yang harus diawasi BBKP untuk mencegah masuk, tersebar dan keluarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Dibutuhkan kerjasama yang solid untuk dapat melaksanakan tugas pengawasan terhadap impor komoditi tersebut.
 
Dalam kesempatan yang sama Bea Cukai Juanda juga mengajak mempersiapkan BKIPM Kelas I Surabaya dan BBKP Surabaya untuk mempersiapkan diri menyongsong pemberlakuan National Logistic Ecosystem di wilayah Bandara Internasional Juanda.
 
BC Juanda GANAS – Generasi Berintegritas
2021 ISO WBBM