SOSIALISASI RUSH HANDLING: Upaya Nyata Optimalisasi Layanan

Jumat siang, (20/08/2021) Bea Cukai Juanda menggelar sosialisasi ketentuan baru Rush Handling seiring dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait Pengeluaran Barang Impor Untuk Dipakai dengan Pelayanan Segera yang akan mulai diberlakukan pada tanggal 24 Augustus 2021 mendatang.

Sosialisasi menghadirkan dua orang Kepala seksi sebagai narasumber, yakni Jaka Riyadi Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I dan FX Bambang Tjahjono Kepala Seksi Perbendaharaan. Pelayanan Segera (Rush Handling) adalah pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya perlu segera dikeluarkan dari Kawasan Pabean.
 
 
Dengan mengangkat topik “Kupas Rush Handling” diharapkan Sosialisasi ini dapat menambah wawasan dan Pengetahuan Sobat Juanda seputar kegiatan Rush Handling sesuai PMK Nomor 74/PMK.04/2021 tentang Pengeluaran Barang Impor Untuk Dipakai dengan Pelayanan Segera, mulai dari pengertian, persyaratan, tatalaksana, hingga berbagai ketentuan baru seputar Rush Handling.
 
Kedua narasumber sukses mengajak Sobat Juanda mendalami pemahaman seputar rush handling guna memperlancar kegiatan impor barang peka waktu dan/atau kondisi. Atas materi yang disampaikan, Jaka dan Bambang menegasken bahwa importir atau penerima barang dihimbau agar dapat mengetahui barang yang akan diimpor serta memahami prosedur yang berlaku. Antusiasme para peserta terlihat begitu tinggi pada sesi diskusi dan tanya jawab bersama narasumber sekaligus sharing terkait topik sosialisasi.
 
Bea Cukai Juanda berkomitmen untuk terus memberikan #UpayaNyata dalam memberikan pelayanan secara optimal dengan tetap menjalankan fungsi pengawasan untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya dan ilegal.