JCC JILID VIII: Ngariung Obrolin CEISA 4.0

Genap sembilan bulan Bea Cukai Juanda melaksanakan tugas mandatory sebagai pilot project CEISA 4.0, berbagai perbaikan dan kemajuan layanan telah dirasakan. Tidak menutup kemungkinan, suatu sistem juga memiliki kelemahan dan potensi gangguan/masalah. Rabu, (18/08/21) Juanda Customs Class (JCC) bulan Agustus kembali hadir menyapa Sobat Juanda untuk berbagi ilmu & pengetahuan seputar kepabeanan. Kali ini JCC dikemas sebagai sharing session mengupas CEISA 4.0.
 
Sharing session CEISA 4.0 merupakan wujud nyata aksi Bea Cukai Juanda sebagai pengemban fungsi trade facilitator di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur. Para peserta yang berasal dari berbagai operator ekonomi berkesempatan langsung menyampaikan pertanyaan, saran, masukan, dan kendala yang dialami selama mengoperasikan Ceisa 4.0. Tak hanya itu, narasumber dan Sobat Juanda pun saling berbagi solusi atas kendala teknis yang terjadi.
 
 
Peningkatan dan pengembangan CEISA menjadi CEISA 4.0 sebagai sistem informasi Bea Cukai membawa berbagai perubahan dari versi sebelumnya. Diantaranya adalah perubahan modul PIB, PEB dan TPB menjadi portal berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat dokumen pabean. Portal ini dapat digunakan untuk mengakses semua proses kepabeanan. Selain itu Tracking status dan cetak respon dapat diperoleh secara real-time menggunakan browser tanpa perlu menginstal aplikasi khusus di PC/gadget. Pengintegrasian dengan sistem pendukung lainnya pun turut menyempurnakan portal ini sehingga informasi kurs, manifes dan pajak dapat diperoleh. Kedepannya sistem akan terus dikembangkan dengan memperhatikan manajemen risiko demi mewujudkan proses bisnis kepabeanan yang lebih baik.
 
Diharapkan transformasi CEISA mampu menjawab tantangan kemajuan zaman serta membawa sistem informasi kepabeanan dan cukai sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional melalui perannya sebagai fasilitator perdagangan dan industri.