KENALI BARANG IMPOR MU

Mengawali Semester II di tahun 2021, Juanda Customs Class, KNOW MORE! terdengar secara virtual pada acara kelas bimbingan kepabeanan pada hari Kamis, 30 Juli 2021. Kelas Bimbingan Kepabeanan dan Cukai ini diselenggarakan secara rutin setiap bulannya sebagai sarana edukasi kepada pengguna jasa dan masyarakat umum.
Dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, JCC kali ini mengangkat tema Barang Tidak Dikuasai (BTD), Barang Dikuasai Negara (BDN) dan Barang Milik Negara (BMN). Jliteng Wibowo selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI bersama dengan Muzayin Robith Irhamni sebagai Pelaksana Pemeriksa di sub-seksi Tempat Penimbunan Pabean mengupas tuntas tentang peraturan dan ketentuan PMK 178/PMK.04/2019 tentang Penyelesaian Barang Yang Dinyatakan Tidak Dikuasai, Barang Dikuasai Negara, dan Barang Yang Menjadi Milik Negara.
 
Pemaparan materi dibuat dengan sangat detail agar dapat dipahami oleh para peserta JCC. Materi meliputi definisi, jangka waktu penimbunan dan alur penyelesaian untuk BTD, BDN dan BMN. Secara khusus, ditekankan bahwa terhadap barang yang dapat diselesaikan untuk dipakai, maka berlaku ketentuan pembayaran biaya timbun dan kewajiban pabean yang harus dilunasi oleh penerima barang.
 
Pada sesi tanya jawab, antusiasme dari peserta terlihat pada diskusi bersama dengan narasumber secara langsung untuk bertanya dan sharing terkait topik JCC. Peserta juga mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh panitia untuk memperebutkan hadiah koleksi JCC.
 
Atas materi yang disampaikan, ditegaskan kembali oleh Muzayin bahwa importir atau penerima barang dihimbau agar dapat mengetahui atau mengenali barang yang akan diimpor sehingga dapat dipenuhi ketentuan lartas jika ada dan kewajiban pabeannya. Juanda Customs Class selalu hadir untuk pengguna jasa sebagai sarana untuk edukasi kepabeanan dan cukai. Selain itu, diharapkan agar JCC dapat dijadikan acara untuk menjalin sinergi dan silaturahmi kepada pengguna jasa dan masyarakat umum. Nantikan JCC berikutnya ya! #JCC #KNOWMORE #BCJuanda #GANAS #BeaCukai #makinbaik