TETAP GIGIH MELAKSANAKAN TUGAS: DKO Bulan Juni 2021

Indonesia kembali diuji dengan gelombang pandemi. Memasuki periode gelombang kedua, lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 semakin tinggi. Di Tengah situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Bea Cukai Juanda sebagai salah satu instansi sektor esensial yang bertugas mengumpulkan penerimaan negara tetap harus beroperasi. Dengan penerapan protokol kesehatan yang begitu ketat dan pengaturan sistem kerja WFH/WFO, rapat rutin Dialog Kinerja Organisasi (DKO) bulan Juni 2021 dilaksanakan.
Bertempat di aula kantor, Rabu (06/07) Bea Cukai Juanda melaksanakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO). Kegiatan dipimpin Kepala Kantor, Budi Harjanto, dan diikuti oleh seluruh pejabat Eselon IV serta pegawai secara daring maupun luring.
 
Menutup bulan Juni 2021, Bea Cukai Juanda berhasil melaksanakan tugasnya sebagai revenue collector. Presentase realisasi penerimaan Bea Cukai Juanda pada bulan Juni berhasil mencapai 49,59% dari target tahunan, yakni senilai 101,2 miliar rupiah. Capaian tersebut melampaui 23,80% dari target bulanan pada Juni 2021. Target penerimaan yang dimaksud meliputi Bea Masuk, Bea Keluar, serta Cukai. Hal ini sejalan dengan extra effort yang dikerahkan seluruh pegawai Bea Cukai Juanda.
Sebagai sebuah instansi yang memegang teguh nilai profesionalisme, Bea Cukai Juanda memiliki janji layanan yang juga dijadikan sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) organisasi. Sampai dengen semester pertama 2021, Bea Cukai Juanda berhasil mewujudkan IKU Presentase Janji Layanan Kepabeanan dan Cukai terpenuhi dan mendapat indikator hijau.
 
Di sisi pengawasan, serangkaian strategi dan sinergi dengan instansi terkait di lingkungan Bandara Juanda terus dilakukan demi mewujudkan pelayanan prima dan perlindungan masyarakat dari barang-barang terlarang. Tak ketinggalan, rapat juga membahas pelaksanaan manajemen risiko yang terus dilakukan guna memitigasi berbagai risiko di lingkungan Bea Cukai Juanda.
 
Perubahan adalah keniscayaan yang selalu ada dan terus terjadi. Menyikapi derasnya dinamika global, Bea Cukai Juanda sebagai unit di bawah Kementerian Keuangan berkomitmen untuk selalu memperbaiki kualitas layanan dan melaksanakan tusi dengan gigih.
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas