‘KAIZEN’ PELAYANAN BC JUANDA: Coffee Morning Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik merupakan komitmen tinggi dari Bea Cukai Juanda dalam rangka memberikan pelayanan prima dan terbaik kepada pengguna jasa dan masyarakat. Dengan mengusung tema tersebut, Bea Cukai Juanda mengadakan acara Coffee Morning bersama dengan pengguna jasa yang khusus mengupas tuntas terkait upaya perbaikan layanan, inovasi dan komitmen dalam mewujukan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.
Acara ini diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP Juanda pada Senin, 05 Juli 2021. Budi Harjanto sebagai pemateri utama menyebutkan bahwa Bea Cukai Juanda telah melakukan perbaikan terus menerus untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan publik. Perbaikan tersebut salah satunya digitalisasi layanan yang terwujud dalam implementasi aplikasi SIMELON untuk pengajuan dokumen layanan secara online dan implementasi CEISA 4.0 untuk dokumen PIB. Pengguna jasa tidak perlu datang ke kantor untuk mengajukan permohonan dan sekaligus dapat melakukan tracking atas permohonan yang diajukan secara online. Hal ini mendukung kondisi pandemi dimana masyarakat dan pengguna jasa dihimbau untuk membatasi kegiatan di luar.
 
Selain itu, ditampilkan juga pembuatan jadwal piket front desk dan piket jam istirahat sebagai upaya untuk mendukung layanan yang cepat dan efektif setiap waktu. Peningkatan dari segi sarana dan prasarana seperti ruang tunggu/Lobby, kebersihan fasilitas umum seperti toilet pengguna jasa, layar informasi mandiri, area parkir dan lainnya yang menunjang kenyamanan pengguna jasa dipaparkan dengan jelas.
 
Lebih lanjut, terkait layanan informasi dan pengaduan, disebutkan bahwa layanan informasi tersedia secara elektronik dan non-elektronik. Informasi kepabeanan dan cukai secara elektronik dapat diakses oleh masyarakat melaui website, media sosial bea cukai seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, Tik Tok dll dan melalui Whatsapp. Sementara itu, untuk lebih meningkatkan integritas pegawai dan layanan, BC Juanda terbuka untuk kritik, saran dan pengaduan jika terdapat pegawai yang bekerja tidak sesuai dengan kode etik, melanggar nilai integritas atau yang lainnya yang dapat dilaporkan melalui layanan pengaduan dan aplikasi Stop Grant.
 
Coffee morning kali ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi dengan pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP Juanda, sehingga terdapat sinergi yang lebih solid. Dan yang terpenting adalah BC Juanda mendapatkan aspirasi dan masukan yang membangun dari pengguna jasa untuk perbaikan terus menerus.