IN-HOUSE TRAINING: GROW TOGETHER TO BE BETTER

Bersama-sama meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Bea Cukai Juanda menjadi tuan rumah dalam acara in-house training Bahasa Inggris yang diselenggarakan di Ruang Aula Bea Cukai Juanda. Dengan mengusung tema Grow Together To Be Better, in-house training ini Bea Cukai Juanda mengundang pengajar dari International Language Course untuk dapat memberikan materi.
In-house training ini tidak hanya diikuti oleh pegawai Bea Cukai Juanda tetapi juga mengundang pegawai dari instansi lain di Kawasan Bandara Internasional Juanda seperti Balai Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I, Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Polresta Sidoarjo, Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Juanda Surabaya dan Pangkalan Udara TNI AL Juanda.
 
Budi Harjanto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Juanda dalam sambutannya menyebutkan bahwa in-house training ini selain untuk meningkatkan kompetensi pegawai bea cukai tapi juga untuk memperkuat sinergi antar lembaga / instansi di kawasan Bandara Juanda. Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan inovasi Bea Cukai Juanda dalam peningkatan kualitas pelayanan dalam rangka menuju Zona Integritas-Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Seperti yang diketahui, Bahasa Inggris merupakan kompetensi yang sangat diperlukan mengingat salah satu wilayah kerja Bea Cukai Juanda adalah terminal kedatangan internasional di bandara Juanda dimana terdapat pelayanan kepada penumpang asing/WNA.
 
Acara ini terbagi dalam dua batch/sesi yaitu sesi pertama diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Juni 2021 sedangkan sesi kedua pada tanggal 28 dan 29 Juni 2021. Materi yang diberikan terdiri dari Reading, Speaking, Listening, Writing, Structure, dan Grammar. Yang menarik dalam in-house training ini adalah terdapat praktek berbicara langsung dengan bahasa Inggris yang membuat peserta antusias belajar. Selain itu, untuk mengukur tingkat pemahaman materi, pada akhir setiap sesi peserta diwajibkan untuk mengikuti post-test terkait materi yang telah diberikan. Diharapkan agar acara seperti dapat dilanjutkan ke dalam tingkat selanjutnya yang dapat mendorong semangat belajar dan peningkatan kualitas pelayanan publik tidak hanya oleh Bea Cukai Juanda namun juga instansi/lembaga lain di Kawasan Bandara Internasional Juanda.