KEMENKEU SATU, KEMENKEU TERPERCAYA

Sidoarjo - Organisasi merupakan perkumpulan orang dalam satu wadah yang memiliki suatu tugas maupun tujuan yang sama. DJBC sabegai salah satu organisasi di bawah Kementerian Keuangan memiliki tujuan menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Untuk menyelaraskan pemahaman dan presepsi pegawai, Selasa (22/6) Bea Cukai Juanda menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Kuartal II tahun 2021. Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda selaku Pejabat Administrator ditingkat eselon III menjadi narasumber FGD kali ini. Kegiatan diikuti seluruh pegawai secara daring melalui zoom meeting.
 
Budi Harjanto menyampaikan materi FGD paparan Sekjen Kemenkeu dengan mengangkat topik “Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya”. Kemenkeu Satu adalah upaya bersama untuk menghasilkan ide-ide dan menyelesaikan persoalan bersama menuju visi Kementerian Keuangan. Terdapat empat kunci sukses untuk mewujudkan program ini, yakni dengan rasa memiliki, dukungan & teladan pemimpin, keterbukaan terhadap aspirasi pegawai serta pelaksanaan monev yang berkelanjutan.
 
Pada sesi berikutnya, narasumber mengajak para pegawai untuk meningkatkan IT Security awareness. Hal ini menjadi penting mengingat rantai terlemah dari IT security adalah manusia. Untuk itu seluruh pegawai haruslah memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab terkait keamanannya. “Mari bersama-sama kita wujudkan pribadi yang bijak dalam bersosial media”, pungkas Kepala Kantor.
 
Semoga pelaksanaan FGD ini mampu menjadi penyalur pesan, arahan sekaligus kebijakan pimpinan Kementerian Keuangan kepada masing-masing individu di dalamnya sehingga inisiatif strategis reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan 2021 dapat terwujud.