KOLABORASI MANTAP BC JUANDA - BPOM

 
Surabaya - Sinergi menuju kesempurnaan terus dilakukan Bea Cukai Juanda. Menghadapi era new normal dengan kondisi yang sangat dinamis, dibutuhkan kerjasama solid antar instansi pemerintah guna mewujudkan pemulihan kondisi nasional di tengah Pandemi Covid-19. Senin (21/06) Bea Cukai Juanda berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melaksanakan sosialisasi bertajuk Pelayanan Mantap di Era Digital.
 
 
 
Dra. Tri Asni Isnaini, Apt., M.Pharm, Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu Ekspor Impor Obat dan Napza menyambut sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya Dir KMEI Obat dan Napza menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan & kepatuhan pelaku usaha tentang persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi pada pengajuan penerbitan Surat Keterangan Impor (SKI) Bahan Obat dan Obat Analisa Hasil Pengawasan (AHP) dalam rangka impor dan ekspor Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif.
 
 
BPOM merupakan mitra kerja yang memiliki hubungan erat dalam pelaksanaan tugas bersama Bea Cukai terkait ketentuan ekspor impor komoditas obat dan makanan. Selama Pandemi Covid-19, Bea cukai bersama BPOM, Kemenkes dan LNSW telah berkolaborasi untuk mewujudkan percepatan penanganan Pandemi, salah satunya adalah impor alkes dan vaksin covid-19. Sampai dengan 11 Juni 2021, Indonesia telah mengimpor sebanyak 94,7 juta dosis vaksin dengan fasilitas pembebasan yang diterbitkan Bea Cukai sebesar kurang lebih 1,7 triliun rupiah.
 
 
Sosialisasi dihadiri oleh lebih dari 150 pelaku usaha farmasi secara daring dan luring. Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda hadir menjadi narasumber dengan membawakan materi seputar implementasi pengawasan ekspor-impor di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Ketentuan lartas impor dan pemenuhan dokumen perijinan impor obat menjadi fokus diskusi dalam kegiatan. Para peserta pun aktif dalam sesi interaktif.
 
Berbagai upaya dan sinergi terus dilakukan Bea Cukai untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia Sehat dan Indonesia Maju.
 
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas