MENUJU INDONESIA BEBAS HIV/AIDS & TBC

 
 
Kesehatan merupakan suatu anugrah yang tak terhitung nilainya. Begitu banyak orang lupa akan berharganya kesehatan hingga sakit menyerang dirinya. Pencegahan dikenal sebagai upaya sekaligus strategi yang ampuh untuk menangkal berbagai penyakit menyerang diri seseorang ketimbang pengobatan.
 
 
Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit HIV/AIDS dan TBC, Bea Cukai Juanda bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan melaksanakan kegiatan sosialisasi, mobile konseling dan testing HlV/AlDS, serta screening penyakit TBC. Kegiatan dilaksanakan di Aula kantor Bea Cukai Juanda secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Program diwajibkan bagi seluruh pegawai dan digelar menjadi empat kloter dalam dua hari, Jumat (11/06) dan Senin (14/06).
 
 
dr. Deni Apriani, MM, Subkoordinator Substansi Pencegahan dan Pelayanan Kesehatan selaku narasumber sosialisasi menyampaikan HIV adalah virus yang memperlemah sistem kekebalan tubuh dan akhirnya menyebabkan AIDS. Hingga tahun 2019, WHO menyatakan HIV tercatat sebagai penyebab kematian 32 juta orang di dunia. Dalam kurun waktu yang sama, penderita AIDS tertinggi di Indonesia berumur 20-39 tahun.
 
 
Pegawai Bea Cukai Juanda berkesempatan untuk mendapat fasilitas kesehtan berupa testing HIV/AIDS menggunakan metode rapid test dan screening TBC. Setiap pegawai diambil sampel darahnya dan cukup menunggu lima belas menit untuk mengetahui hasil tes. Hasil tes bersifat rahasia dan hanya disampaikan kepada pegawai yang bersangkutan.
Diharapkan program kerjasama antara Bea Cukai Juanda dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dapat mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia bebas HIV/AIDS dan TBC.
 
 
BC Juanda GANAS - Generasi Berintegritas