SATU SUARA : MUSNAHKAN BARANG ILEGAL

 
Sidoarjo – Rabu (09/06) Bea Cukai Juanda bersama Forkopimda Sidoarjo memusnahkan berbagai barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap. Bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Budi Harjanto Kepala Kantor Bea Cukai Juanda turut serta dalam kegiatan pemusnahan tersebut.
 
 
Kegiatan dibuka secara langsung oleh Arip Zahrulyani Kepala Kejari Sidoarjo. Arip Zahrulyani menyampaikan apresiasi atas kerjasama seluruh aparat penegak hukum termasuk Bea Cukai Juanda dan Bea Cuakai Sidoarjo yang memiliki wilayah kerja di Kabupaten Sidoarjo dalam menegakkan hukum serta menindak segala pelanggaran aturan perundang-undangan. Salah satu barang buki yang dimusnahkan adalah rokok ilegal yang melanggar peraturan cukai. “Pemusnahan kali ini dilakukan terhadap barang bukti dari keputusan yang sudah berkekuatan hukum tetap atas 469 perkara yaitu 465 perkara Pidum dan 4 perkara pidsus,” ucap Kepala Kejari Sidoarjo.
 
 
Barang bukti yang dimusnahkan antara lain, sabu-sabu 30,9 kg, ganja sebanyak 3,3 kg, Pil LL sebanyak 124.927 Butir, Extacy 1.045 butir, Tembakau Gorilla 3.245 gram dan Rokok ilegal sebanyak 11 karton. Total nilai barang bukti narkoba beserta rokok tersebut mencapai 30 miliar rupiah. Narkoba dimusnahkan menggunakan _incinerator_ milik BNNP Jawa Timur sedangkan rokok denga cara dibakar.
Kepala Kejari Sidoarjo, bersama Bupati Sidoarjo, Dandim 0816, Kepala BNNK Sidoarjo, Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo, Kepala Kantor BC Juanda dan Kepala BC Sidoarjo, juga memusnahkan barang bukti berupa ponsel berbagai merk dan alat timbang elektrik. Pemusnahan barang bukti ini merupakan wujud keterbukaan kepada publik atas eksekusi barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap agar tidak dapat dipergunakan kembali atau disalahgunakan.
 
 
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali yang turut hadir dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi keberhasilan kinerja pihak Kepolisian, Kejari Sidoarjo, Pengadilan Serta TNI dan Bea Cukai yang telah menumpas kejahatan dan menegakkan hukum di wilayah Kabupaten Sidoarjo.