NGOPI SANTUY BARENG BC JUANDA – Sosialisasi & Survei WBBM

Sidoarjo, 25/03/2021, Bea Cukai Juanda kembali menyelenggarakan sosialisasi dalam bentuk Coffee Morning dengan mengundang pengguna jasa yang berkegiatan di Lingkungan Bea Cukai Juanda. Acara yang diadakan secara tatap muka ini bertempat di Ruang Aula Bea Cukai Juanda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, memimpin langsung acara yang dikemas dengan santai tersebut.
Budi Harjanto memaparkan materi tentang pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang telah dicanangkan sejak awal tahun 2021 ini di Bea Cukai Juanda. Paparan materi mencakup capaian kinerja BC Juanda pada 2020 seperti hasil Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) dimana BC Juanda telah mencapai 4,47 dari skala 5. Selanjutnya, ditunjukkan juga upaya perbaikan dan optimalisasi layanan seperti penerapan sistem CEISA 4.0 dan aplikasi Pendok Online untuk penerimaan dokumen layanan secara online. Perbaikan sarana dan prasarana juga disinggung dan ditampilkan mengingat BC Juanda berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan kepada pengguna jasa.
 
Dalam pembangunan ZI-WBBM ini, layanan pengaduan menjadi poin penting untuk mengoptimalkan / menguatkan pengawasan baik kinerja maupun etika pegawai. Oleh karena itu, rincian saluran pengaduan dijelaskan agar pengguna jasa mengerti mekanisme untuk menyampaikan keluhan, masukan ataupun pengaduan agar ditindaklanjuti oleh Bea Cukai Juanda.
 
Peserta coffee morning diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan dan masukan sehingga tercipta forum diskusi yang santai namun tetap fokus. Pada akhir acara, dilakukan survei WBBM oleh Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I kepada seluruh peserta. Survei dilaksanakan secara tertutup dimana pejabat dan pegawai Bea Cukai Juanda tidak diperkenankan untuk berada di ruangan untuk mendukung validitas survei tersebut. Diharapkan dari survei tersebut, didapatkan hasil yang memuaskan dan dapat membawa Bea Cukai Juanda melaju ke tahap selanjutnya dalam pembangunan ZI-WBBM.