JCC JILID III Kelas “Barang Lartas” BC Juanda

Tau gaksih impor ekspor barang itu gak bisa sembarangan loh, ada barang-barang tertentu yang musti Sobat penuhi persyaratannya untuk bisa berhasil mengimpor/mengekspornya. ��Nah… membahas hal tersebut Bea Cukai Juanda kembali melaksanakan Juanda Customs Class untuk Jilid yang ke III secara daring pada hari Rabu, 24 Maret 2021. Kegiatan sukses mendapat banyak animo masyarakat, terbukti 160 peserta dari berbagai kalangan dan profesi bergabung dalam JCC Jilid III.
 
Memasuki bulan ketiga di tahun 2021, JCC terus berbenah dan meningkatkan kualitas acara. Pada kesempatan ini JCC menghadirkan Prima Utama @prmutm, sebagai narasumber milenial di Bea Cukai Juanda. Dalam kelas yang dibawakannya, Prima memaparkan ketentuan Barang Larangan dan Pembatasan atau yang biasa dikenal dengan “lartas”. Barang lartas adalah barang yang dilarang atau dibatasi pemasukan dan pengeluarannya ke/dari wilayah Republik Indonesia. Ketentuan pengawasan terhadap barang lartas diatur lebih lanjut melalui PMK No. 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor Atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan.
 
 
Tidak hanya pemaparan materi, peserta JCC diajak secara langsung untuk belajar menggunakan Eservice INSW / Indonesia National Single Window sebagai single refference database lartas impor dan ekspor terkini yang mencakup berbagai jenis komoditi, jenis perijinan, instansi penerbit, dan informasi lainnya. Jalannya kegiatan semakin seru dan menarik saat para peserta diajak untuk berdiskusi menyampaikan pertanyaan, masukan serta bermain quiz. Peserta yang aktif selama kegiatan dan memenangkan quiz mendapatkan souvenir menarik dari Bea Cukai Juanda.
Nantikan Kelas-kelas berikutnya dan sampai jumpa. Jangan lupa Like, Share dan Tag teman2 kalian di kolom komentar ya.
“JCC - Know More!”