MELANGKAH BERSAMA MENUJU ZONA INTEGRITAS

Saling berbagi ilmu untuk melangkah bersama menuju Zona Integritas, Bea Cukai Jember telah berkunjung ke Bea Cukai Juanda pada Jumat, 19 Maret 2021, dalam rangka sharing session dan studi tiru terkait pembangunan zona integritas. Seperti yang telah diketahui bahwa Bea Cukai Juanda telah mendapatkan predikat Zona Integritas – Wilayah Bebas dari Korupsi pada tahun 2019 dan melangkah untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani pada tahun 2021 ini. Oleh karena itu, Bea Cukai Jember yang sedang mempersiapkan untuk pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi berkunjung untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berguna untuk membantu dalam mendapatkan predikat tersebut.
 
Bea Cukai Juanda yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM, F.X. Bambang Tjahjono, memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses mendapat ZI-WBK tahun 2019 di BC Juanda. Beberapa diantaranya adalah semarak pencanangan ZI-WBK yang dipublikasikan kepada masyarakat luas baik secara offline maupun online. Secara online dapat dilakukan dengan membuat konten pada media sosial, website, dan lainnya. Pada BC Juanda sendiri dibuatkan twibbon dan tagar khusus untuk melambangkan semangat ini yaitu #JuandaGanas. Sedangkan media offline, publikasi dilakukan dengan memasang banner ZI-WBK pada area sekitar kantor misalnya di gerbang masuk, di jalan dan area sekitar kantor lainnya. Pemutaran jingle lagu #Ganas di kantor pada pukul 07.30 dan 17.00 untuk membangkitkan. Oleh karena itu, disarankan agar dapat dibentuk tim kreatif yang bertugas untuk membuat inovasi dan konten kreatif yang mendukung program pembangunan ZI-WBK di kantor BC Jember.
 
 
Selanjutnya, Bambang Tjahjono menekankan program reward and punishment yang dapat dilaksanakan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada pengguna jasa dan pegawai. Tidak kalah penting, peningkatan pelayanan dalam bentuk inovasi dipaparkan seperti pembuatan e-office yang didukung dengan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan secara mandiri. Pada Bea Cukai Juanda sendiri, pelayanan publik ditingkatkan melalui beberapa program seperti penerapan standar pelayanan (ISO 9001:2015), inovasi sistem layanan informasi, survei untuk pengukuran kualitas layanan, sistem penjaluran penumpang di bandara Juanda dan kegiatan sosial.
 
Kunjungan ini dapat dijadikan sarana untuk membantu persiapan Bea Cukai Jember untuk mendapatkan predikat zona integritas. Selain banyak ilmu yang dibawa pulang untuk diterapkan saat kembali ke kantor, silaturahmi juga tetap terjalin.