INTERNALISASI PENGELOLAAN ANGGARAN & PENGADAAN - Pimpinan Menyapa & Pembinaan Mental

Sidoarjo - Seorang pimpinan memiliki tugas untuk mementukan arah laju dan berbagai strategi untuk mewujudkan visi misi organisasi yang dipimpinnya. Komunikasi dan kepercayaan menjadi poin penting yang harus dibangun dengan baik. Rabu, 17 Maret 2021 Bea Cukai Juanda melaksanakan kegiatan bertajuk Pimpinan menyapa.
 
 
Budi Harjanto selaku pimpinan tertinggi di Kantor Bea Cukai Juanda menyapa seluruh pegawainya secara daring. Di tengah laju perubahan yang terus mengiringi langkah kita, kehadiran seorang pemimpin untuk memberikan arahan dan support amatlah penting demi mewujudkan tujuan organisasi. Kepala Kantor Bea Cukai Juanda memberikan apresiasi atas kinerja terbaik seluruh pegawainya serta mengajak untuk meningkatkan awareness terhadap program-program transformasi kelembagaan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
 
Dalam kesempatan yang sama juga diselenggarakan internalisasi pengelolaan anggaran dan pengadaan barang/jasa. Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa menjadi narasumber. Saat ini DJBC tengah melaksanakan sentralisasi pengelolaan belanja pegawai. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya redesign sistem penganggaran Kementerian Keuangan. Dengan demikian diharapkan perencanaan dan penganggaran belanja pegawai menjadi lebih tepat sasaran dan flexible, tahapan pembayaran semakin sederhana, dan pembayaran hak-hak pegawai tepat waktu.
 
Bea Cukai Juanda telah memiliki alat pembangunan dan penerapan budaya integritas dalam menyelenggarakan pengelolaan anggaran. Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan pengimplementasian Manajemen Risiko Pengadaan Barang/Jasa menjadi inovasi sekaligus strategi untuk mewujudkan pengelolaan anggaran yang akuntabel sesuai peraturan yang berlaku.