SHARING SESSION - REGISTRASI IMEI

 
Sidoarjo, 10/03/2021, BC Juanda menyambut hangat kunjungan dari Bea Cukai Gresik dalam rangka sharing session dan studi tiru terkait pelayanan registrasi IMEI. Kunjungan dimaksudkan untuk dapat saling berbagi informasi terkait pelayanan registrasi IMEI yang telah dilakukan di Bea Cukai Juanda mengingat pelayanan IMEI baru saja diterapkan di Kantor Bea Cukai Gresik.
 
Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto, dengan menyambut kedatangan para pejabat dan rekan-rekan dari Bea Cukai Gresik. Kemudian, pemaparan materi oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV, Kupang Muhammad Luqman tentang ketentuan umum registrasi IMEI seperti dasar hukum, mekanisme registrasi IMEI, dan alur pendaftaran IMEI saat di bandara.
 
 
Diskusi semakin fokus pada pemaparan oleh I Made Surya Adi Sukma, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama dari Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, yaitu tentang pelayanan registrasi IMEI oleh penumpang atau Awak Sarana Pengangkut (ASP) yang telah keluar dari kawasan pabean (bandara). Hal ini sangat penting dan perlu disampaikan mengingat Kantor Bea Cukai Gresik secara garis besar melayani registrasi IMEI khusus untuk kategori diatas. Pemaparan meliputi ketentuan umum yang harus dipenuhi oleh penumpang misalnya jangka waktu pendaftaran yaitu 60 hari setelah kedatangan, batasan jumlah perangkat telekomunikasi yang dapat didaftarkan, dan besaran tarif bea masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor).
 
Selanjutnya, Made Surya juga memaparkan terkait persyaratan dokumen dan alur pelayanan registrasi IMEI di Kantor Bea Cukai Juanda untuk kategori pendaftaran IMEI setelah keluar dari kawasan pabean yang merupakan kebijakan lokal yang dilakukan oleh Bea Cukai Juanda untuk dapat memberikan pelayanan registrasi IMEI yang efektif dan efisien. Selain itu, ditampilan juga FAQ / pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat umum kepada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dan katalog/buku panduan cepat pendaftaran IMEI yang khusus dibuat untuk penumpang di Bandara Internasional Juanda.
 
Pada kesempatan kali ini diberikan kesempatan kepada Bea Cukai Gresik untuk tanya jawab seputar registrasi IMEI, kendala yang dihadapi dan tantangan atau kasus-kasus unik yang muncul dalam pelayanan registrasi IMEI. Sebelum acara ditutup, terdapat sesi praktek langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dari Bea Cukai Gresik dan pelaksana dalam hal penetapan tarif dan pendaftaran IMEI pada sistem.
 
 
Acara ditutup oleh Kupang Muhammad Luqman dengan memberikan cendera mata kepada seluruh tim Bea Cukai Gresik yang telah datang. Diharapkan dari kegiatan ini, dapat membantu Bea Cukai Gresik dalam memberikan pelayanan yang baik untuk registrasi IMEI kepada masyarakat.