PSIKOTES PEMBAWAAN SENJATA API

 
Sidoarjo - Setiap individu pegawai Bea dan Cukai dituntut untuk memiliki kompetensi berbagai bidang dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Baik kompetensi teknis kepabeanan dan cukai maupun kompetensi yang bersifat softskill, keduanya penting untuk dimiliki. Selasa 9 Maret 2021, Bea Cukai Juanda bekerjasama dengan POLDA Jawa Timur menyelenggarakan psikotes pembawaan senjata api. Kegiatan berbentuk pengerjaan soal-soal psikotes dan dilaksanakan di Aula kantor.
 
Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto mengikuti secara langsung tes psikologi pembawaan senjata. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pegawai yang melaksanakan tugas pengawasan sebagai bentuk community protector dapat semakin terlatih dan mengetahui kemampuan yang dimilikinya dalam pengoperasionalan senjata api. Turut serta dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Sari Permana Sihombing, Para Pejabat Fungsional Unit P2 serta petugas surveilance Bea Cukai Juanda.
 
Tes Psikologi pembawaan senjata ini menjadi penting mengingat tugas yang diemban oleh pegawai Bea Cukai tidaklah mudah. Kemampuan perlu diketahui dan selalu diasah melalui latihan maupun tes psikologi seperti yang dilakukan kali ini. Kebenaran teknik dan ketepatan sasaran dalam menembak sangatlah penting. Dengan demikian petugas mampu melindungi diri dari berbagai macam bahaya pada saat melaksanakan tugas.