OPTIMALISASI KUALITAS PENGELOLAAN KEUANGAN

Sidoarjo - Memasuki awal bulan Maret 2021, Tim Pemeriksa BPK-RI melaksanakan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2020 pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Selasa pagi (2/3) Bea Cukai Juanda menyambut baik kunjungan BPK-RI. 
 
Pemeriksaan atas Laporan Keuangan BA015 bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaraan Laporan Keuangan BA015 Tahun 2020 dengan mempertimbangkan beberapa indikator tertentu. Indikator tersebut diantaranya adalah kesesuaian Laporan Keuangan BA015 yang diperiksa dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam Laporan Keuangan sesuai dengan SAP.
 
Bertempat di Aula Kantor, Tim BPK melakukan audit terhadap pengadaan yang dilakukan Bea Cukai Juanda. Audit dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen beserta stafnya serta Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa sebagai auditee. Fokus audit dilaksanakan terhadap Dokumen pertanggungjawaban realisasi Belanja Barang/Jasa Operasional - Penanganan Pandemi COVID-19, dokumen persediaan cukai dan/atau peluru dan dokumen persediaan lainnya serta dokumen pertanggungjawaban Belanja Barang dan Jasa pada Bea Cukai Juanda.
 
Dengan adanya pemeriksaan ini diharapkan dapat tercapai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaporan keuangan serta efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) di Bea Cukai Juanda.