KOMITMEN KITA ANTI SUAP - Sosialisasi SMAP Pengadaan Barang dan Jasa

 
Pengadaan Barang dan Jasa merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan mitigasi atas risiko penyuapan. Jumat pagi, 26 Februari 2021 Bea Cukai Juanda menyelenggarakan sosialisasi penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada para penyedia barang dan jasa. Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto secara langsung menjadi pembicara dalam sosialisasi ini. Kegiatan dilaksanakan di aula kantor dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
 
Bea Cukai Juanda telah melakukan pencanangan ISO 37001:2016 SMAP terkait pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan KPPBC TMP Juanda. Hal ini meliputi seluruh prinsip dasar penerapan SMAP, mulai dari komitmen manajemen puncak, identifikasi dan analisis risiko penyuapan, uji kelayakan (due diligence), komunikasi, informasi yang terdokumentasi dan memadai, hingga monitoring dan evaluasi.
 
Dengan prinsip-prinsip tersebut, berbagai manfaat pun dapat diperoleh, seperti terekamnya database dan track record para penyedia barang dan jasa yang akan bekerja sama. Penandatanganan Pakta Integritas dan keikutsertaan penyedia barang dan jasa dalam Sosialisasi SMAP ini juga merupakan wujud nyata komitmen untuk melaksanakan kerjasama yang bersih dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme).
 
Dalam kegiatan yang sama, dilakukan penyerahan penghargaan kepada penyedia barang dan jasa terbaik di lingkungan Bea Cukai Juanda. Penerapkan ISO 37001:2016 diharapkan menjadi salah satu langkah mewujudkan pengadaan barang dan jasa yang independen dan akuntabel sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
Bea Cukai Juanda Siap WBBM!