BC Juanda Fokus Tingkatkan Kepuasan Pengguna Jasa

SIDOARJO - Bea Cukai Juanda sebagai instansi yang berorientasi pada pelayanan publik (public service oriented) selalu melakukan evaluasi dan perbaikan atas capaian survei kepuasan pengguna jasa (SKPJ). Selasa pagi, (2/2) Bea Cukai Juanda menggelar rapat evaluasi dan tindak lanjut SKPJ Tahun 2020.
Monitoring dan evaluasi memiliki tugas yang sama yaitu memantau atau menilai jalannya suatu program. Monitoring lebih digunakan pada saat program sementara berjalan, sehingga dapat mengetahui kekurangan dan kesalahan yang dijumpai agar dapat diperbaiki secara dini. Dengan demikian, tujuan program bisa dicapai sesuai dengan target yang ditetapkan. Monitoring telah dilaksanakan oleh Bea Cukai Juanda seiring pelaksanaan SKPJ.
Diawal Tahun 2021 Bea Cukai Juanda menerima ‘rapor’ atas pelayanan dan pengawasan yang telah dilaksanakan selama tahun 2020. Nilai yang diperoleh merupakan hasıl SKPJ yang dilaksanakan oleh Direktorat Kepatuhan Internal Kantor Pusat DJBC. Survey ini memiliki beberapa indikator penilaian satuan kerja. Bea Cukai Juanda berhasil meraih indeks kepuasan pengguna jasa sebesar 4,47 dari skala 5 dengan predikat puas. Prestasi ini berhasil melampaui capaian tahun 2019 yakni 3,95 sekaligus target tahun 2020 yang dipatok pada indeks 4,26.
Tak hanya itu, pada tahun ini seluruh responden menyatakan tidak terdapat biaya di luar ketentuan resmi (suap maupun pungutan liar) pada Bea Cukai Juanda. Hal ini menunjukkan kesungguhan integritas dan profesionalisme seluruh pegawai Bea Cukai Juanda.
Agenda utama rapat kali ini adalah mengevaluasi dan memberikan tindak lanjut atas capaian SKPJ. Hal tersebut ditujukan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan dari berbagai program peningkatan pelayanan publik, serta untuk mengetahui mengapa keberhasilan atau kegagalan dapat terjadi. Diharapkan hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan-kegiatan dan perencanaan yang lebih baik untuk kegiatan masa mendatang.
 
"Pelayanan KPPBC Juanda sangat baik dan sangat membantu kami sebagai pengguna jasa/ NVOCC, mudah-mudahan di tahun depan bisa lebih baik lagi pelayanannya" - SKPJ2020