GONG! BEA CUKAI JUANDA RESMI LAUNCHING WBBM

26 Januari telah bertahun-tahun menjadi hari bersejarah bagi dunia pabean internasional. Bermula dari konvensi di Brussel (Belgia) pada 26 Januari 1953 yang meresmikan organisasi Customs Co-operation Council (CCC) sebagai cikal bakal World Customs Organization (WCO). Pertemuan ini sekaligus menjadikan 26 Januari sebagai tanggal untuk memperingati Hari Pabean Internasional. Bertepatan di tanggal yang sama, Bea Cukai Juanda berbulat tekad mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Perubahan adalah suatu hal pasti yang harus dihadapi. Berawal dari pembangunan Zona Integritas hingga mendapat predikat kantor Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), kini Bea Cukai Juanda memiliki cita baru untuk makin baik.
Usai memperingati Hari Pabean Internasional Bea Bea Cukai Juanda melaksanakan launching dan deklarasi BC Juanda Siap WBBM 2021. Acara digelar secara langsung dan terbatas untuk pegawai yang WFO, sedangkan pegawai yang WFH mengikuti kegiatan secara daring. Prosesi diawali dengan defile barisan pegawai membentuk lingkaran, dilanjutkan deklarasi Kepala Kantor bahwa Bea Cukai Juanda siap mewujudkan institusi dengan birokrasi bersih dan melayani. Puncak acara ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan komitmen Bea Cukai Juanda Siap WBBM oleh seluruh pegawai.
Dengan launching dan deklarasi WBBM berarti Bea Cukai Juanda siap untuk terus bertransformasi. Upaya perubahan akan dilakukan dengan penguatan komitmen mulai dari Pimpinan unit kerja sampai seluruh lapisan di bawahnya. Perbaikan strategi komunikasi satuan kerja dengan masyarakat dan pemangku kepentingan, penguatan upaya knowing your employee hingga penciptaan inovasi penguatan integritas akan terus dikembangkan. Di sisi SDM, awareness dan antusias seluruh elemen unit kerja terus dibangun agar mendukung pencanangan ZI menuju WBBM.
Diharapkan Bea Cukai Juanda dapat menjadi role model mentor dalam menyebarkan WBK ke unit lain sehingga tercipta island of integrity kepada Instansi lain dilingkungan Pemerintah setempat. Semoga Bea Cukai Juanda dapat berhasil meraih predikat WBBM ditahun 2021. Bea Cukai Juanda Ganas – Generasi BerIntegritas.