HPI 2021: DJBC WUJUDKAN RANTAI PASOKAN YANG BERKELANJUTAN

Apel Khusus Peringatan Hari Pabean Internasional 2021
Terik mentari tak memudarkan semangat dan kesiapan pegawai Bea Cukai Juanda untuk terus melakukan perubahan mewujudkan transformasi kelembagaan menuju Bea Cukai Makin Baik. Sorot cahaya sang surya pun semakin menerangi masa depan Bea Cukai yang kian cerah. Selasa pagi, 26 Januari 2021, Bea Cukai Juanda menyelenggarakan Apel Khusus Peringatan Hari Pabean Internasional Tahun 2021. Apel dilaksanakan di halaman kantor Bea Cukai Juanda yang diikuti secara langsung oleh pegawai yang WFO dan secara virtual oleh pegawai yang WFH. Keindahan jarik merah dan selendang kuning khas Jawa Timur yang membalut pakaian dinas upacara (PDU) peserta upacara turut mewarnai semarak Hari Pabean Internasional di Kantor Bea Cukai Juanda.
International Customs Day 2021 (Hari Pabean Internasional 2021) mengangkat tema “Customs bolstering Recovery, Renewal and Resilience for a Sustainable Supply Chain”. Tema tersebut didedikasikan atas perpaduan upaya administrasi pabean dalam menangani krisis virus corona dan mendukung masyarakat dan bisnis dengan penguatan global supply chain, penguatan kolaborasi, pemanfaatan teknologi dan menempatkan “personil” sebagai pusat proses transformasi.
Administrasi Pabean diajak untuk mengadopsi transformasi digital, memberikan perhatian khusus terhadap otomasi, memanfaatkan teknologi inovasi, termasuk berkolaborasi dengan semua stakeholders di sepanjang rantai pasokan.
Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda berpesan kepada seluruh peserta apel agar senantiasa menjaga kesehatan dengan tertib melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Apresiasi jajaran pimpinan Kementerian Keuangan pun disampaikannya atas kinerja terbaik dan integritas yang telah didedikasikan seluruh pegawai.
Rangkaian apel khusus juga semakin lengkap dengan pemberian penghargaan kepada para pegawai berprestasi. Setiap pegawai yang memiliki sumbangsih diberbagai bidang diberi apresiasi dan piagam penghargaan, diantaranya adalah pegawai teladan, tim pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK), tim penggagalan penyelundupan narkotika, psikotropika da prekurso (NPP), hingga sumbangsih dibidang kemanusiaan (pendonor plasma konvalesen bagi pasien covid-19).
Semoga kontribusi dan sumbangsih DJBC baik di kancah nasional maupun internasional dapat membawa dampak positif dan mewujudkan visi World Customs Organization (WCO) yakni Menyatukan Bea Cukai untuk dunia yang lebih aman dan lebih sejahtera.