ASISTENSI LANJUTAN CEISA 4.0

SIDOARJO - Genap sepuluh hari mandatory pengimplementasian CEISA 4.0, Kamis (17/12/2020) Bea Cukai Juanda kembali menggelar kelas bimbingan kepabeanan bertajuk asistensi lanjutan CEISA 4.0. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan diikuti lebih dari 170 peserta yaitu para pengguna jasa di lingkungan Bea Cukai Juanda yang berasal dari berbagai perusahaan importir maupun Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).
Mengawali kegiatan, Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda memberikan sambutan hangat dengan menyapa para peserta. “Berbagai upaya perbaikan dan penyempurnaan sistem terus kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan sekaligus menyongsong era teknologi 4.0”, ungkap Budi Harjanto. Bea Cukai Juanda merupakan salah satu kantor pertama yang ditunjuk DJBC untuk mengimplementasikan terobosan sistem Bea Cukai terbaru ini.
Kegiatan dikemas dengan diskusi dan belajar bersama. Kepala Seksi Manajemen Layanan dan Teknologi Informasi, Oky Singgih Nugroho kembali menjadi narasumber utama dalam asistensi lanjutan kali ini. Berbagai informasi disampaikannya terkait pengembangan CEISA 4.0, salah satunya kini telah tersedia PIB terbaru yakni patch 6.4.0. Seperti asistensi sebelumnya, narasumber dibantu oleh tim dari Diretkorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. Baik peserta maupun narasumber aktif saling berbagi informasi serta memberikan solusi, saran dan masukan atas pengimplementasian CEISA 4.0.
Di penghujung acara, narasumber berpesan kepada para peserta untuk terus mempelajari sistem terbaru ini serta meningkatkan kemampuan perangkat pendukung proses bisnis penyampaian Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Hal tersebut diantaranya seperti meningkatkan bandwidth internet, mengupgrade RAM dan CPU core komputer, serta mengupdate browser yang digunakan.
Diharapkan dengan terselenggaranya asistensi lanjutan ini proses bisnis kepabeanan khususnya dibidang impor dapat semakin lancar, modern dan mempermudah seluruh operator ekonomi pelaku perdagangan internasional.