WUJUDKAN LAYANAN TERSTANDARISASI, BEA CUKAI JUANDA LAKSANAKAN TRAINING SLA

Sidoarjo - Bea Cukai Makin Baik, rangkaian kata penuh makna yang menjadi kebanggaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ini rupanya bukan sekedar jargon para pegawainya. Lebih dari itu, Bea Cukai Makin Baik telah menjadi ruh DJBC untuk terus bertransformasi menjadi institusi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia. Hal tersebut tentulah membutuhkan semangat perubahan dan perbaikan terus menerus.
Dalam rangka terus mengembangkan kompetensi SDM secara berkelanjutan, Senin pagi (16/11) Bea Cukai Juanda menggelar In House Training Service Level Agreement (SLA). Kegiatan dilaksanakan selama dua hari di aula kantor dengan menerapkan protokol kesehatan secara tertib. Training diikuti oleh pegawai frontliner yang didominasi oleh para milenial.
 
Menghadirkan dua orang trainer ahli dibidangnya, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto berharap para peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mewujudkan pelayanan terbaik kepada para stakeholder. Slamet Widodo dan Nyoman Nuaba mengajak peserta training untuk belajar dan diskusi bersama mengenai SLA. SLA merupakan standar layanan yang telah disepakati bersama dengan cakupan tindakan, bahasa lisan, bahasa tubuh, penampilan dan sikap. Tak hanya mendengarkan pemaparan materi, praktik langsung dan sistem kompetisi menjadi metode yang efektif digunakan trainer hingga suskses membuahkan peningkatan skill para peserta.
 
Berbagai topik materi disampaikan kepada peserta, mulai dari character building, comunication, managing service, hingga practical guidance office. Dalam kesempatannya, Nyoman Nuaba berpesan bahwa setiap orang mampu mempelajari suatu ilmu sampai menguasainya, tetapi yang lebih penting dari ilmu tersebut adalah mempraktikannya hingga mendatangkan manfaat.
Training SLA ditutup pada hari Selasa sore, Budi Harjanto mengungkapkan apresiasinya kepada trainer maupun peserta atas berlangsungnya pelatihan. Mengakhiri kegiatan dilakukan penyerahan plakat penghargaan dan foto bersama.