PERDALAM PEMAHAMAN NLE BERSAMA SEKSI MANIFES P2KP : Kupas Fraud Diamond & Aturan National Logistic Ecosystem (NLE)

Pembinaan dan Pengembangan Keterampilan Pegawai atau lebih akrab dikenal dengan P2KP merupakan program DJBC untuk mewujudkan organisasi yang lebih baik, secara khusus melalui peningkatan mutu SDM.
Kesehatan dan ekonomi merupakan sektor penting yang menjadi prioritas pemulihan secara nasional sebagai dampak pandemi covid-19. Berbagai upaya pemerintah untuk bangkit dari pandemi telah diberlakukan, salah satunya adalah National Logistic Ecosystem (NLE). Rabu pagi (11/11/2020) Bea Cukai Juanda kembali menyelenggarakan P2KP secara daring dengan tema Fraud Diamond & NLE.
Hardijanto, Kepala Seksi Administrasi Manifes mengawali P2KP dengan materi Fraud Diamond. Fraud diamond merupakan penyempurnaan dari fraud triangle yang dikeluarkan Cressey. Dalam teori sebelumnya fraud dapat terjadi Karena adanya opportunity, incentive/pressure, dan rationalization/attitude. Elemen yang ditambahkan adalah bahwa banyak fraud tidak mungkin terjadi tanpa adanya kemampuan (capability) dari pelaku.
Selanjutnya materi NLE disampaikan secara lugas oleh Moh. Rokhim, Pejabat Fungsional Pemeriksa pada Seksi Administrasi Manifes. NLE Adalah Ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen dari kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, dan berbasis sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logistik yang telah ada.
 
Diharapkan para pegawai dapat memahami materi yang disampaikan sehingga dapat berperan aktif untuk meningkatkan kinerja sistem logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional dengan penerapan NLE.