Hadiri Irjen Menyapa, Sinergi Kuatkan Integritas JATIM I

Rabu 11/11/2020, Kantor Bea Cukai di wilayah Jawa Timur (Jatim) I, termasuk Bea Cukai Juanda, menerima kunjungan daring (zoom meeting) dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu. Kunjungan yang bertajuk Irjen Menyapa: Integritas Budayaku, untuk Membangun Negeri tersebut dimaksudkan untuk memberikan penguatan integritas di lingkungan Kantor Bea Cukai di wilayah Jatim I.
Ibu Sumiyati, Inspektur Jenderal, menyapa secara langsung pejabat/pegawai yang hadir dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan apresiasi dan pesan untuk senantiasa menjaga prestasi dan integritas Jatim I. “Anda merupakan orang-orang terpilih dan dipilih menjadi bagian Kementerian Keuangan. Orang-orang yang bertugas di Bea Cukai merupakan orang-orang yang hebat yakni yang memiliki kompetensi, softskill dan kemampuan fisik. Dengan kemampuan tersebut diharapkan dapat menjaga integritas sebaik-baiknya untuk menjalankan tugas menjaga bangsa”.
 
Penguatan integritas diperlukan untuk dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang. Langkah penguatan tersebut dapat dilakukan melalui keteladanan dari pimpinan, merancang tanggap isu SPI dengan inspektorat pembina, dan mengomunikasikan nilai integritas kemenkeu ke pengguna jasa.
 
Kegiatan Irjen Menyapa ditutup dengan diskusi mengenai integritas. Kunjungan secara daring ini diharapkan semakin meningkatkan sinergi antara Itjen dengan DJBC khususnya Kantor Bea Cukai di wilayah Jatim I untuk dapat menciptakan sistem yang dapat menjaga dan mendukung penguatan integritas.